FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN BELADIRI PENCAK SILAT DI SMA SE-KABUPATEN BANYUMAS

Awang Darmawan, Awang Darmawan (2015) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN BELADIRI PENCAK SILAT DI SMA SE-KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANITA RUSYANA DEWI_10603141015.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN BELADIRI PENCAK SILAT DI SMA SE-KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Materi beladiri pencak silat merupakan salah satu materi yang tercantum dalam kurikulum, namun banyak guru penjasorkes yang belum memberikan materi beladiri kepada peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor pendukung keterlaksanaan pembelajaran beladiri pencak silat di SMA se-Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru penjasorkes SMA se-Kabupaten Banyumas. Sampel yang digunakan adalah 30 guru penjasorkes SMA yang berasal dari 12 sekolah dari 33 sekolah yang ada di Kabupaten Banyumas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik klaster atau cluster sampling. Perhitungan validitas menggunakan rumus Pearson Product Momen dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif secara kuantitatif dengan persentase tentang faktor-faktor pendukung keterlaksanaan pembelajaran beladiri pencak silat di SMA se-Kabupaten Banyumas yang dibagi dalam lima kategori yaitu sangat mendukung, mendukung, cukup mendukung, kurang mendukung dan tidak mendukung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: faktor-faktor pendukung keterlaksanaan pembelajaran beladiri pencak silat di SMA se-Kabupaten Banyumas secara keseluruhan berada dalam kategori sangat mendukung sebesar 6,67% (2 guru), kategori mendukung sebesar 30,00% (9 guru), kategori cukup mendukung sebesar 40,00% (12 guru), kategori kurang mendukung sebesar 23,33% (7 guru), dan kategori tidak mendukung tidak ada (0,00%). Kata kunci: faktor-faktor pendukung, pembelajaran, beladiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 26 May 2015 03:08
Last Modified: 29 Jan 2019 22:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19413

Actions (login required)

View Item View Item