PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY BERBASIS INQUIRI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN 5E UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN DKK (DASAR KOMPETENSI KEJURUAN) SMK N 2 KEBUMEN

Pratama, Candra Kurnia (2014) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY BERBASIS INQUIRI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN 5E UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN DKK (DASAR KOMPETENSI KEJURUAN) SMK N 2 KEBUMEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
10.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah pengembangan LKS dengan pembelajaran SSP model inquiri menggunakan startegi 5E; (2) Kualitas LKS dengan format pembelajaran SSP model inquiri menggunakan strategi 5E yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa; (3) Peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan LKS dengan perangkat pembelajaran model inquiri menggunakan strategi 5E. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Research and Development (R & D) yang dikembangkan oleh oleh Borg & Gall yaitu melaksanakan studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft SSP dan validasi, uji terbatas, dan revisi produk. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 2 Kebumen dengan jumlah siswa 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kerja siswa model 5E, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, rubrik penilaian, angket respon siswa, dan lembar observasi yang disusun untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan strategi 5E. untuk melihat peningkatan hasil prestasi belajar siswa, peneliti menggunakan analisis uji beda atau uji T dengan memperhatikan hasil pre test dan hasil post test. Berdasarkan tujuan, hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengembangan Subject Specific Pedagogy model enquiri dengan startegi 5E pada pengembangan LKS dimulai dari studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft SSP dan validasi LKS yang dimulai dari draft awal LKS yang dikonsultasikan kepada dosen pembimbing sampai dinyatakan baik,kemudian dilakukan uji pengembangan terhadap sekelompok kecil dan dilanjutkan validasi oleh ahli yaitu dosen dan guru, dan langkah terakhir yaitu penerapan kepada siswa sejumlah 32. Hasil validasi kualitas isi LKS termasuk dalam kategori kualitas sangat baik.; (2) Didapatkan kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan perangkat pembelajaran SSP model inquiri menggunakan strategi 5E yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa; (3) Format LKS sub pokok bahasan pengecoran yang dihasilkan dari perangkat SPP model inquiri dengan strategi 5E mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy, Inquiri, dan Strategi 5E
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 26 May 2015 02:45
Last Modified: 04 Mar 2019 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19404

Actions (login required)

View Item View Item