PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT TUSUK HIAS PADA SISWA TATA BUSANA KELAS XI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA.

Shalikhatus, Shofiyah (2015) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT TUSUK HIAS PADA SISWA TATA BUSANA KELAS XI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
9.PDF

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT TUSUK HIAS PADA SISWA TATA BUSANA KELAS XI DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA Shalikhatus Shofiyah NIM. 07513241011 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pencapaian kompetensi membuat tusuk hias sebelum menggunakan video pada siswa Tata Busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta, 2). Pencapaian kompetensi membuat tusuk hias setelah menggunakan video pada siswa Tata Busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta, 3). Pengaruh penggunaan video terhadap pencapaian kompetensi membuat tusuk hias pada siswa Tata Busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa Tata Busana Kelas XI yang berjumlah 27 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa lembar unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Pencapaian kompetensi membuat tusuk hias sebelum menggunakan video pada siswa Tata Busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta termasuk dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai pretest sebesar 65,78, 2). Pencapaian kompetensi membuat tusuk hias setelah menggunakan video pada siswa Tata Busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai posttest sebesar 74,43, 3). Ada pengaruh penggunaan video terhadap pencapaian kompetensi membuat tusuk hias pada siswa Tata Busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta dilihat dari hasil perhitungan uji t yaitu nilai –t hitung < -t tabel (- 7,557 ˂ -2,779) dengan nilai taraf signifikansi 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh penggunaan video terhadap pencapaian kompetensi membuat tusuk hias pada siswa Tata Busana kelas XI di SMK Karya Rini Yogyakarta. Kata Kunci : video, pencapaian kompetensi, membuat tusuk hias

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 26 May 2015 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 22:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19401

Actions (login required)

View Item View Item