HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN MELAKUKAN PERSIAPAN PENGOLAHAN DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Amaliya, Nur (2015) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN MELAKUKAN PERSIAPAN PENGOLAHAN DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) motivasi belajar siswa kelas X Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan di SMK N 6 Yogyakarta; 2) prestasi belajar siswa kelas X Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan di SMK N 6 Yogyakarta; 3) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan di SMK N 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Jasa Boga SMK N 6 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan besarnya sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan Tabel Isaac dan Michael, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut:1) motivasi belajar siswa kelas X Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan di SMK N 6 Yogyakarta dalam kategori cukup sebanyak 57 siswa (67,9%), kategori baik sebanyak 27 siswa (32,1%), dan (0,0%) dalam kategori kurang; 2) prestasi belajar siswa kelas X Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan di SMK N 6 Yogyakarta dalam kategori baik sebanyak 77 siswa (91,7%), kategori cukup sebanyak 7 siswa (8,3%) dan (0,0%) dalam kategori kurang, 3) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan di SMK Negeri 6 Yogyakarta, hal ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,504>0,213). Dengan demikian, ada hubungan motivasi belajar kelas siswa kelas X Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan di SMK Negeri 6 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 26 May 2015 02:10
Last Modified: 04 Mar 2019 06:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19391

Actions (login required)

View Item View Item