PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK N 2 WONOSARI (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Siswa Kelas XI Teknik Sipil Terhadap Kinerja Guru Di SMK N 2 Wonosari)

Ayuningtyas, Septi Nurina (2013) PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK N 2 WONOSARI (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Siswa Kelas XI Teknik Sipil Terhadap Kinerja Guru Di SMK N 2 Wonosari). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seorang guru yang baik adalah guru yang mampu mewujudkan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan membuat peserta didik merasa nyaman menuntut ilmu bersama gurunya. Guru benar-benar dituntut untuk memiliki kinerja yang tinggi. Dengan kinerja tinggi maka tingkat sumber daya manusia di Indonesia akan mulai sedikit demi sedikit meningkat terutama pada generasi muda Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan 1) Persepsi siswa terhadap kinerja guru SMK N 2 Wonosari; 2) Perbedaan persepsi siswa terhadap kinerja guru kelas XI Teknik Sipil SMK N 2 Wonosari menurut jenis kelamin siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Wonosari pada bulan Maret 2013. Populasi penelitian adalah siswa SMK 2 Wonosari terdiri dari Kelas XI Teknik Sipil berjumlah 31 siswa (Rombongan Belajar 1 dan 2). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik total sampling artinya bahwa semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket. Lembar Angket, digunakan untuk mengungkap kinerja guru yang meliputi kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial serta pertanyaan tentang jenis kelamin siswa. Analisis data dilakukan bersumber dari perhitungan nilai rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 55,1% siswa menilai kompetensi pedagogik yang dimiliki guru tergolong dalam kategori tinggi, 53,5% siswa menilai kompetensi profesional yang dimiliki guru tergolong dalam kategori sedang, 66,1% siswa menilai kompetensi kepribadian yang dimiliki guru tergolong dalam kategori tinggi, 53,5% siswa menilai kompetensi sosial yang dimiliki guru tergolong dalam kategori tinggi dan tidak ada perbedaan persepsi siswa terhadap kinerja guru ditinjau dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial jika ditinjau dari perbedaan jenis kelamin siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Kinerja Guru
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 26 May 2015 01:59
Last Modified: 05 Mar 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19389

Actions (login required)

View Item View Item