HUBUNGAN KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI DI SELURUH KOTA YOGYAKARTA

Sayfudin, Mohammad Nur Amin (2013) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMK NEGERI DI SELURUH KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
3.TAS_M. NUR AMIN S._12505247001.pdf

Download (299MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan guru ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa dan tutwuri handayani dengan pengembangan karakter siswa di SMK Negeri seluruh Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelatif dengan analisis korelasi pearson product moment dan korelasi ganda. Populasi yang digunakan adalah guru SMK di seluruh Kota Yogyakarta, selanjutnya sampel yang digunakan berasal dari guru dan siswa kelas XII. Pengambilan data menggunakan angket tertutup dengan metode penilaian silang antara guru dengan siswa. Kemudian metode pengambilan sampel menggunakan cluster sampling yang dilanjutkan dengan stratified convenient sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator karakter siswa dengan nilai tertinggi adalah disiplin dan terendah yaitu mandiri. kemudian skor tertinggi yang didapat dari indikator kepemimpinan guru ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa dan tutwuri handayani berturut-turut adalah berekspektasi tinggi, menggerakkan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya. Sedangkan nilai terendah berturut-turut diperoleh dari masing-masing kepemimpinan guru adalah konsisten, membangun empati dan memberi tugas. Kemudian hubungan antara masing-masing kepemimpinan guru ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa dan tutwuri handayani dengan pengembangan karakter siswa berturut-turut sebesar 0,705; 0,553 dan 0,416 dengan masing-masing koefisien diterminan berturut-turut sebesar 49,703%, 30,581% dan 17,306%. Hubungan ketiga variabel kepemimpinan guru secara bersama-sama dengan pengembangan karakter siswa sebesar 0,707 dengan koefisien diterminan sebesar 49,984%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan guru, karakter siswa, korelatif
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 26 May 2015 01:56
Last Modified: 05 Mar 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19386

Actions (login required)

View Item View Item