PERAN JARINGAN SOSIAL DALAM PAGUYUBAN TRAH MARTODIKORO DI DUSUN BODEH KELURAHAN AMBARKETAWANG KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Putri, Ninda Kusuma (2013) PERAN JARINGAN SOSIAL DALAM PAGUYUBAN TRAH MARTODIKORO DI DUSUN BODEH KELURAHAN AMBARKETAWANG KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. AWAL SKRIPSI Sos 09413241004 Ninda Kusuma Putri.swf - Published Version

Download (4MB)
[img] Other (FIS Digital)
2. abstrak Sos 09413241004 Ninda Kusuma Putri.swf - Published Version

Download (44kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. BAB I Sos 09413241004 Ninda Kusuma Putri.swf - Published Version

Download (56kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. BAB II Sos 09413241004 Ninda Kusuma Putri.swf - Published Version

Download (113kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. BAB III Sos 09413241004 Ninda Kusuma Putri.swf - Published Version

Download (69kB)
[img] Other (FIS Digital)
6. BAB IV Sos 09413241004 Ninda Kusuma Putri.swf - Published Version

Download (233kB)
[img] Other (FIS Digital)
7. BAB V Sos 09413241004 Ninda Kusuma Putri.swf - Published Version

Download (62kB)
[img] Other (FIS Digital)
8. LAMPIRAN Sos 09413241004 Ninda Kusuma Putri.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Paguyuban Trah Martodikoro merupakan salah satu paguyuban yang ada di Dusun Bodeh Ambarketawang Gamping Sleman Yogyakarta. Keturunan Martodikoro yang terdiri dari anak, cucu, menantu membentuk Paguyuban Trah Martodiko. Paguyuban Trah Martodikoro memiliki sejumlah pengurus dan anggota yang memiliki peran masing-masing sehingga membentuk jaringan sosial. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran jaringan sosial dalam Paguyuban Trah Martodikoro dan kendala dalam Paguyuban Trah Martodikoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dijabarkan secara deskriptif dengan sumber data yang terdiri dari pengurus dan anggota Paguyuban Trah Martodikoro. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Adapun validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, serta analisis data menggunakan analisis interaktif Milles dan Hubberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Paguyuban Trah Martodikoro merupakan sebuah paguyuban yang didirikan pada tahun 1998 dengan tujuan untuk mengumpulkan anggota keluarga keturunan Martodikoro. Jumlah anggota hingga saat ini berjumlah sekitar 581. Jaringan sosial total terdiri dari keturunan Martodikoro yaitu anak, cucu, dan menantu. Jaringan yang terbentuk yaitu jaringan secara internal keluarga dan jaringan eksternal keluarga. Jaringan partial Paguyuban Trah Martodikoro terdiri dari pengurus maupun anggota memiliki peran berbeda. Peran jaringan sosial total dalam Paguyuban Trah Martodikoro adalah menumbuhkan ikatan kerjasama yang kuat serta membina hubungan (komunikasi) yang baik dengan seluruh anggota agar tercipta solidaritas yang kuat demi terjaganya eksistensi Paguyuban Trah Martodikoro. Kendala dalam Paguyuban Trah adalah kegiatan yang monoton menyebabkan munculnya rasa bosan yang mempengaruhi tingkat partisipasi anggota, pergantian pengurus tidak dilakukan melalui proses seleksi, banyaknya jumlah anggota, tidak dilakukan regenerasi pengurus dan interaksi antar generasi kurang. Kata Kunci : Peran, Jaringan Sosial, Paguyuban Trah Martodikoro.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 26 May 2015 01:29
Last Modified: 29 Jan 2019 22:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19383

Actions (login required)

View Item View Item