HUBUNGAN INTELIGENSI MATEMATIK-LOGIS, KECERDASAN VERBAL, DAN KEMAMPUAN ELEKTRONIKA DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMROGRAMAN BAHASA ASSEMBLY PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 1 NANGGULAN

Adik Susilo, Wardoyo (2010) HUBUNGAN INTELIGENSI MATEMATIK-LOGIS, KECERDASAN VERBAL, DAN KEMAMPUAN ELEKTRONIKA DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMROGRAMAN BAHASA ASSEMBLY PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 1 NANGGULAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Adik Susilo Wardoyo 09518241029.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN INTELIGENSI MATEMATIK-LOGIS, KECERDASAN VERBAL, DAN KEMAMPUAN ELEKTRONIKA DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMROGRAMAN BAHASA ASSEMBLY PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 1 NANGGULAN Oleh: Adik Susilo Wardoyo 09518241029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran Inteligensi Matematik-Logis, Kecerdasan Verbal, Kemampuan Elektronika Digital, dan Kemampuan Pemrograman Bahasa Assembly; (2) hubungan Inteligensi Matematik-Logis terhadap Kemampuan Pemrograman Bahasa Assembly; (3) hubungan Kecerdasan Verbal terhadap Kemampuan Pemrograman Bahasa Assembly; (4) hubungan Kemampuan Elektronika Digital terhadap Kemampuan Pemrograman Bahasa Assembly; dan (5) hubungan Inteligensi Matematik-Logis, Kecerdasan Verbal, dan Kemampuan Elektronika terhadap Kemampuan Pemrograman Bahasa Assembly di Kompetensi Keahlian Elektronika Industri SMK N 1 Nanggulan. Metode Penelitian menggunakan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa Kompetensi Keahlian Elektronika Industri SMK N 1 Nanggulan sebanyak 99. Sampel berjumlah 30 orang yang diambil dengan metode Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes Inteligensi dan tes kemampuan. Teknik analisis menggunakan korelasi bivariate dan korelasi berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata inteligensi Matematik-Logis siswa termasuk dalam kategori tinggi; (2) Rata-rata kecerdasan Verbal siswa termasuk dalam kategori tinggi; (3) Rata-rata kemampuan Elektronika Digital siswa termasuk dalam kategori tinggi; (4) Rata-raata kemampuan Pemrograman Bahasa Assembly siswa termasuk dalam kategori sedang; (5) terdapat hubungan Inteligensi Matematik-Logis dengan Kemampuan Pemrograman Bahasa Assembly dengan nilai koefisien korelasi 0.47; (6) terdapat hubungan Kecerdasan Verbal dengan Kemampuan Pemrograman Bahasa Assembly dengan nilai koefisien korelasi 0.71; (7) terdapat hubungan Kemampuan Elektronika Digital dengan Kemampuan Pemrograman Bahasa Assembly dengan nilai koefisien korelasi 0.411; (8) terdapat hubungan Inteligensi Matematik-Logis, Kecerdasan Verbal, dan Kemampuan Elektronika Digital dengan Kemampuan Pemrograman Bahasa Assembly dengan nilai koefisien korelasi simultan 0.72. Kata-kata kunci : inteligensi matematik-logis, kecerdasan verbal, kemampuan elektronika digital, kemampuan pemrograman bahasa assembly

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 26 May 2015 01:12
Last Modified: 26 May 2015 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19372

Actions (login required)

View Item View Item