DAMPAK KESETARAAN GENDER TERHADAP KOMPLEKSITAS PERAN WANITA KARIR DALAM KELUARGA (Studi Tentang Wanita Karir Di Dusun Jayan Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta)

Istriyani, Ratna (2013) DAMPAK KESETARAAN GENDER TERHADAP KOMPLEKSITAS PERAN WANITA KARIR DALAM KELUARGA (Studi Tentang Wanita Karir Di Dusun Jayan Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Sos 09413241030 Ratna Istriyani COVER.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
Sos 09413241030 Ratna Istriyani BAB I.swf - Published Version

Download (70kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sos 09413241030 Ratna Istriyani BAB II.swf - Published Version

Download (187kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sos 09413241030 Ratna Istriyani BAB III.swf - Published Version

Download (81kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sos 09413241030 Ratna Istriyani BAB IV.swf - Published Version

Download (665kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sos 09413241030 Ratna Istriyani BAB V.swf - Published Version

Download (79kB)
[img] Other (FIS Digital)
Sos 09413241030 Ratna Istriyani Lampiran.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kesetaraan gender terhadap kompleksitas peran wanita karir dalam keluarga di Dusun Jayan, untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kompleksitas peran yang dialami wanita karir di Dusun Jayan, dan mengetahui solusi yang dilakukan oleh para wanita karir Dusun Jayan untuk mengatasi kompleksitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penentuan subyek penelitian secara purposive sampling. Sumber data meliputi sumber data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder diperoleh melalui dokumentasi serta studi pustaka. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi/uji silang. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif (Miles dan Hubberman) yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Ada beberapa hasil yang diperoleh dari penelitian. Pertama, dampak kesetaraan gender terhadap kompleksitas peran adalah keluhan fisik, keluhan psikis, dan kurang fungsi afeksi, sosialisasi, serta kontrol sosial terhadap anak dalam keluarga. Kedua, ada beberapa faktor yang menimbulkan kompleksitas peran yang dialami informan wanita yaitu banyaknya kuantitas waktu serta tugas ekstra, dan keterbatasan suami untuk membantu istri dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Ketiga, solusi yang dilakukan informan wanita untuk mengatasi kompleksitas peran yang dialami antara lain menggunakan jasa pembantu rumah tangga (domestic worker) dan meminta bantuan kepada orang lain yang dipercaya untuk membantu ketika terjadi bentrokan agenda pekerjaan. Kata kunci: kesetaraan gender, kompleksitas peran, wanita karir.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 26 May 2015 00:54
Last Modified: 29 Jan 2019 22:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19368

Actions (login required)

View Item View Item