PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA MATA PELAJARAN RANGKAIAN DASAR LISTRIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TITL SMKN 1 SEDAYU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK THINK-PAIR-SHARE

RAHMAHTYASARI, RAHMAHTYASARI (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA MATA PELAJARAN RANGKAIAN DASAR LISTRIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TITL SMKN 1 SEDAYU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK THINK-PAIR-SHARE. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rahmahtyasary 09501241006.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA MATA PELAJARAN RANGKAIAN DASAR LISTRIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TITL SMKN 1 SEDAYU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK THINK-PAIR-SHARE Oleh RAHMAHTYASARI NIM. 09501241006 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan aktivitas siswa kelas X program keahlian TITL A SMKN 1 Sedayu dengan model pembelajaran Cooperative teknik Think-Pair-Share terhadap mata pelajaran Rangkaian Dasar Listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah mendeskripsikan hasil observasi dan refleksi secara kalimat dengan teknik analisa data secara deskriptif bersifat linier (mengalir) atau sirkuler selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative teknik Think-Pair-Share dapat meningkatkan pemahaman materi Menganalisis Rangkaian Arus Bolak Balik. Hal ini terbukti dari hasil wawancara guru dan siswa, dokumentasi, peningkatan nilai prestasi siswa dan perolehan rata-rata persentase hasil observasi setiap indikator kriteria pemahaman siswa siklus II pertemuan kedua secara berturut-turut yaitu Penyelesaian tugas individual: 79.83%, Analisis tugas individual: 78.22%, Penguasaaan materi: 79.03%, Penyampaian materi: 80.64%. Aktivitas siswa juga mengalamai peningkatan. Hal ini terbukti dari hasil wawancara guru dan siswa, dokumentasi serta perolehan rata-rata persentase hasil observasi setiap indikator kriteria aktivitas siswa siklus II pertemuan kedua secara berturut-turut yaitu Keseriusan siswa dalam kegiatan belajar mengajar: 83.87%, Tanggung jawab tugas individu: 83.06%, Menjelaskan hasil jawaban dengan teman pasangan: 83.06%, Memberikan ide atau pendapat: 80.64%, Kemauan bertanya atau merespon terhadap hasil diskusi pasangan: 81,45%. Perolehan rata-rata persentase hasil observasi pemahaman materi dan aktivitas siswa siklus II pertemuan kedua diatas kriteria keberhasilan tindakan yaitu 75% dan 80% untuk setiap masing-masing indikator. Kata kunci : Pembelajaran Cooperative, Think-Pair-Share, Pemahaman Materi dan Aktivitas Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 26 May 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 22:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19364

Actions (login required)

View Item View Item