Pengembangan RPP Tematik-Integratif Berbasis Pendekatan Scientific bagi Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara

Nurhidayati, Siti (2015) Pengembangan RPP Tematik-Integratif Berbasis Pendekatan Scientific bagi Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-nurhidayati-12712251004.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menghasilkan RPP tematik-integratif berbasis pendekatan scientific yang layak bagi peserta didik kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara, dan 2) mengetahui efektivitas RPP tematik-integratif berbasis pendekatan scientific bagi peserta didik kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Developement (R & D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) studi pendahuluan, (b) pengembangan draf produk, dan (c) pengujian. Validasi produk melibatkan dosen ahli perangkat pembelajaran dan dosen ahli materi. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV SD N Rejowinangun Utara 2 yang terdiri dari 6 peserta didik pada uji coba terbatas dan 16 peserta didik pada uji coba lebih luas. Subjek uji efektivitas 18 peserta didik kelas IV SD N Rejowinangun Utara 4. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian RPP untuk ahli, angket respon RPP untuk guru, angket respon peserta didik, lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan paired t-test atau uji t berpasangan pada pre-test dan post test penilaian hasil belajar untuk uji efektivitas. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli perangkat pembelajaran dan ahli materi menunjukkan RPP tematik-integratif berbasis pendekatan scientific layak digunakan dengan kriteria “Sangat Baik” bagi peserta didik Kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara dengan skor nilai masing-masing 83% dan 81%. Penerapan RPP pada uji coba terbatas dan uji coba lebih luas dapat terlaksana dengan kategori “baik” dan “sangat baik” dengan skor nilai masing-masing 77,5% dan 82%. Uji efektivitas menggunakan desain eksperimen ¬before-after dari data hasil pre-test dan post test hasil belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan harga t hitung -15,65 pada taraf signifikansi 5% yang berarti RPP tematik-integratif berbasis pendekatan scientific dapat dinyatakan efektif bagi peserta didik Kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: rpp, tematik-integratif, pendekatan scientific
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 May 2015 00:05
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19360

Actions (login required)

View Item View Item