PERAN PEREMPUAN DALAM AKTIVITAS SOSIAL EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus Pada Perempuan di Pasar Pagi Kricak Yogyakarta)

Muharram, Pram Arif (2013) PERAN PEREMPUAN DALAM AKTIVITAS SOSIAL EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus Pada Perempuan di Pasar Pagi Kricak Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. HALAMAN DEPAN SOS 09413244049 Pram Arif Muharram.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
2. Abstrak SOS 09413244049 Pram Arif Muharram.swf - Published Version

Download (34kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. BAB I SOS 09413244049 Pram Arif Muharram.swf - Published Version

Download (2MB)
[img] Other (FIS Digital)
4. BAB II SOS 09413244049 Pram Arif Muharram.swf - Published Version

Download (4MB)
[img] Other (FIS Digital)
5.BAB III SOS 09413244049 Pram Arif Muharram.swf - Published Version

Download (3MB)
[img] Other (FIS Digital)
6. BAB IV SOS 09413244049 Pram Arif Muharram.swf - Published Version

Download (13MB)
[img] Other (FIS Digital)
7. BAB V DAFTAR PUSTAKA SOS 09413244049 Pram Arif Muharram.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
8. LAMPIRAN SOS 09413244049 Pram Arif Muharram.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Perbedaan gender merupakan sebuah konstruksi sosial yang membuat perempuan memiliki peranan ganda. Hal ini membuat peran perempuan di sektor publik tidak dihargai sebagaimana mestinya. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk peran pedagang perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga khususnya pedagang perempuan di pasar pagi kricak, serta upaya-upaya yang dilakukan oleh para pedagang perempuan untuk meningkatkan pendapatan keluarganya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara kepada pedagang perempuan di pasar pagi kricak yang didukung oleh data hasil dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interakif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk peran perempuan pedagang di pasar pagi kricak untuk meningkatkan pendapatan keluarga meliputi (a) menata jajanan dagangan sebagai komoditi utama (b) melayani pembeli/pelanggan selama proses jual-beli di pasar pagi kricak berlangsung (c) membersihkan tempat/lapak yang digunakan untuk berdagang oleh pedagang perempuan di pasar pagi kricak Upaya-upaya yang dilakukan oleh pedagang perempuan yang berdagang di pasar pagi kricak untuk meningkatkan pendapatan keluarga adalah (a) membuat jajanan pasar sebagai komoditi utama untuk didagangkan (b) membangun kepercayaan dengan pelanggan, yang meliputi (1) menjaga kualitas jajanan yang ditawarkan, dan (2) menawarkan harga yang lebih bersahabat bila dibandingkan dengan harga jajanan di tempat lain. Kata kunci: Peran Perempuan, Upaya Perempuan, Pendapatan Keluarga, Pasar Pagi Kricak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 26 May 2015 00:24
Last Modified: 29 Jan 2019 22:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19359

Actions (login required)

View Item View Item