PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI PROGRAM ILMU SOSIAL SMA N 5 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Jati, Putut Anom Karang (2013) PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI PROGRAM ILMU SOSIAL SMA N 5 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SOS 09413244025 Putut Anom Karang Jati PENDAHULUAN.swf - Published Version

Download (547kB)
[img] Other (FIS Digital)
SOS 09413244025 Putut Anom Karang Jati BAB I.swf - Published Version

Download (71kB)
[img] Other (FIS Digital)
SOS 09413244025 Putut Anom Karang Jati BAB II.swf - Published Version

Download (170kB)
[img] Other (FIS Digital)
SOS 09413244025 Putut Anom Karang Jati BAB III.swf - Published Version

Download (230kB)
[img] Other (FIS Digital)
SOS 09413244025 Putut Anom Karang Jati BAB IV.swf - Published Version

Download (448kB)
[img] Other (FIS Digital)
SOS 09413244025 Putut Anom Karang Jati BAB V DAFTAR PUSTAKA.swf - Published Version

Download (58kB)
[img] Other (FIS Digital)
SOS 09413244025 Putut Anom Karang Jati LAMPIRAN.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) variasi mengajar guru (X1) terhadap prestasi belajar mata pelajaran sosiologi (Y) siswa kelas XI program ilmu sosial SMA N 5 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. 2) motivasi belajar siswa (X2) terhadap prestasi belajar mata pelajaran sosiologi (Y) siswa kelas XI program ilmu sosial SMA N 5 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. 3) variasi mengajar guru (X1) dan motivasi belajar siswa (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran sosiologi (Y) siswa kelas XI program ilmu sosial SMA N 5 Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Purworejo dengan populasi sebesar 124 siswa dan sampel sebesar 92 anak yang diambil dari 23 siswa di 4 kelas program ilmu sosial. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel independen dan dokumentasi (nilai raport) untuk variabel dependen. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Metode Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Variasi Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013, dengan г = 0,492; г²= 0,242; dan thitung sebesar 5,357 lebih besar dari ttabel sebesar 1,986. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013, dengan г = 0,591; г² = 0,350; dan thitung sebesar 6,959 lebih besar dari ttabel sebesar 1,986. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Variasi Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013, dengan Ry (1,2) = 0,701; R²y (1,2) = 0,492; dan Fhitung sebesar 43,067 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,099. Sumbangan efektif variabel variasi mengajar guru dan motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Sosiologi sebesar 49,20% dengan rincian sumbangan variabel Variasi mengajar guru sebesar 18,94% dan sumbangan variabel motivasi belajar siswa sebesar 30,26%. Kata Kunci: Variasi Mengajar, Motivasi Siswa, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Ilmu Sosial > Statistik Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 25 May 2015 06:15
Last Modified: 29 Jan 2019 22:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19324

Actions (login required)

View Item View Item