PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN CNC DASAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3

Achmad, Shofyan Sholeh (2015) PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN CNC DASAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Achmad Shofyan Sholeh 08503242021.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Achmad Shofyan Sholeh 08503242021.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN CNC DASAR KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 Penelitian ini bertujuan, (1) mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan modul CNC TU pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta kelayakan modul CNC TU kompetensi keahlian teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengetahui efektivitas XI kompetensi keahlian Penelitian ini termasuk Development) yang dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, (2) melakukan perencanaan pengembangan, (3) pengumpulan bahan, (4) pembuatan desain modul ahli meteri dan media analisis dan revisi II, (10) produk akhir (13) implementasi. Validasi ahli dilakukan kepada dosen ahli dan ahli media pembelajaran untuk mendapatkan masukan saran mengenai kelayakan media dari segi materi dan media. kepada 10 siswa kelas X Uji coba kelompok besar dila SMK Muhammadiyah 3 CNC TU-2A Dasar menganalisis data kuesioner diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan, sedangkan untuk uji hipotesis komparatif dua sampel berpasangan digunakan rumus t-test Hasil pengembangan produk media adalah layak di terlihat dari validasi ahli materi dengan kategori “Sangat Baik” dengan nilai rata rata 4,42, validasi ahli media dengan kategori “Sangat Baik” dengan nilai rata 4,53. Uji coba kelompok kecil dalam kriteria “baik”dengan nilai rat coba kelompok besar dalam kriteria “baik”, dengan nilai rata Produk modul CNC TU (-6,39) adalah lebih kecil dari hitung jatuh pada daerah penerimaan Ha. Kata kunci : Pengembangan, YOGYAKARTA ABSTRAK Oleh: Achmad Shofyan Sholeh NIM. 08503242021 TU-2A Dasar kelas XI kompetensi Yogyakarta, (2) mendeskripsikan bagaimana TU-2A Dasar yang dikembangkan untuk kelas XI modul CNC TU-2A Dasar yang dikembangkan teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta penelitian pengembangan yaitu: (1) melakukan is embuatan modul, (5) pengembangan produk awal media, (7) analisis dan revisi I, (8) uji coba kelompok kecil, (9) uji coba kelompok besar, (11) analisis dan revisi III Uji coba kelompok kecil dilakukan XI teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 3 dilakukan kepada 24 siswa kelas XI teknik Yogyakarta untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Teknik yang digunakan untuk adalah dengan statistik deskriptif sampel berpasangan (related). digunakan hal ini dapat rata-rata sebesar 3,73. TU-2A Dasar efektif. Hal ini dapat dilihat dari harga t tabel (1,697) dengan taraf kesalahan 5%, harg modul, CNC TU-2A Dasar keahlian teknik , Yogyakarta, (3) untuk kelas emesinan Yogyakarta. (Research and : engembangan awal, (6) validasi (12) materi Yogyakarta. eknik pemesinan modul kuantitatif yang gunakan ratarata rata-rata rata-rata 3,45. Uji t hitung harga t

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 May 2015 02:13
Last Modified: 29 Jan 2019 22:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19299

Actions (login required)

View Item View Item