PENGEMBANGAN MEDIA MODEL BANGUNAN TAHAN GEMPA SEBAGAI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO

Achmad, Rafi’ud Darajat (2015) PENGEMBANGAN MEDIA MODEL BANGUNAN TAHAN GEMPA SEBAGAI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
ACHMAD RAFI'UD DARAJAT-11505241001.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA MODEL BANGUNAN TAHAN GEMPA SEBAGAI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO Oleh: Achmad Rafi’ud Darajat 11505241001 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung, bahasan bangunan tahan gempa. Produk penelitian ini berupa pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan software macromedia flash dikombinasikan dengan aurora 3D. Penelitian Research and Development (R&D) ini mengadaptasi model pengembangan four-D (4D). Secara garis besar penilitian ini dilakukan pada empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal pretest-posttest. Angket digunakan dalam langkah validasi dan penilaian produk oleh siswa untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, sedangkan soal pretest-posttest digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis gain score. Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran yang terdiri dari delapan komponen utama, yaitu: beranda, home, halaman standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi, halaman metode konstruksi, halaman galeri, halaman evaluasi, dan halaman penyusun. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran dapat dikategorikan “sangat layak”. Penilaian siswa terhadap media pembelajaran dapat dikategorikan dalam kriteria “layak” sehingga media hasil pengembangan dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif. Hasil implementasi media menunjukan adanya dampak positif terhadap hasil belajar siswa dengan kenaikan nilai pretest dan posttest rata-rata mencapai 42,70% dengan perolehan gain score sebesar 0,541 dalam kategori sedang. Kata kunci : Aurora 3D, bangunan tahan gempa, Ilmu Bangunan Gedung, macromedia flash, dan media pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 May 2015 01:58
Last Modified: 25 May 2015 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19297

Actions (login required)

View Item View Item