MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MATA DIKLAT ILMU STATIKA KELAS X JURUSAN GAMBAR BANGUNAN SMK MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Rifan, Latif (2015) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MATA DIKLAT ILMU STATIKA KELAS X JURUSAN GAMBAR BANGUNAN SMK MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rifan Latif 0850524006.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA DIKLAT ILMU STATIKA KELAS X JURUSAN GAMBAR BANGUNAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh : Rifan Latif NIM : 08505242006 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dalam mata diklat Ilmu Statika kelas X Jurusan Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 2) mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD dalam mata diklat Ilmu Statika kelas X Jurusan Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi keaktifan belajar siswa, dokumentasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa, catatan lapangan, dan soal-soal tes hasil belajar. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mata diklat Ilmu Statika dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan belajar siswa. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari penurunan jumlah siswa yang mempunyai nilai < 70,00, yaitu dari 7 siswa (22,58 %) pada semester I menjadi 5 siswa (17,24 %) pada siklus I, kemudian menjadi 2 siswa (7,14 %) pada siklus II hingga pada siklus III tidak ada lagi siswa yang mempunyai nilai < 70,00. Selain itu terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa yang dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang tergolong minimal dalam kategori baik, yaitu dari 5 siswa (17,2%) pada siklus I, menjadi 16 siswa (57,1%) pada siklus II, hingga menjadi 23 siswa (74,2%) pada siklus III. Kata kunci : STAD, keaktifan belajar dan hasil belajar vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 25 May 2015 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 22:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19292

Actions (login required)

View Item View Item