Rizky Kusuma Putra, Wibawa (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK MESIN DI SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
Rizky Kusuma Putra Wibawa 10503244015.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK MESIN DI SMK PIRI SLEMAN Oleh : Rizky Kusuma Putra Wibawa NIM. 10503244015 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Mesin SMK PIRI Sleman melalui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan presentase yang dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI pada Mata Pelajaran menggambar Teknik mesin SMK PIRI Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan peningkatan skor Motivasi Belajar Menggambar Teknik Mesin berdasarkan pedoman observasi sebesar 9,8% dimana skor pada siklus I 75,39% meningkat menjadi 85,19% pada siklus II. Berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa juga terjadi peningkatan sebesar 5,46%, skor pada siklus I sebesar 76,68% meningkat menjadi 82,41% pada siklus II. Dari data Prestasi Belajar Menggambar Teknik Mesin yang diperoleh, nilai rata-rata posttest pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 1,5 dimana pada siklus I nilai rata-rata posttest siswa 7,2 meningkat menjadi 8,70 pada posttest siklus II serta naiknya persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 66,67% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II. Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi dan Prestasi Belajar Menggambar Teknik Mesin
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 25 May 2015 01:23 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |