PENGARUH METODE LATIHAN DRILL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRI SMP NEGERI 4 GAMPING SLEMAN

Joko Seko Santoso, Joko (2011) PENGARUH METODE LATIHAN DRILL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRI SMP NEGERI 4 GAMPING SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
08601244231_SKRIPSI_JOKO SEKO SANTOSO_UNY 2011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode latihan drill terhadap peningkatan kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli putri SMP Negeri 4 Gamping Sleman. Penelitian ini menggunakan pre-Eksperimental One group pretest-postest design dimana dalam penelitian ini tidak ada kelompok pembanding. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa putri yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli yang berjumlah 21 anak, tanpa kelompok pembanding. Maka seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler digunakan sebagai subjek dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pengukuran menggunakan tes brady yang dimodifikasi, dengan ukuran papan sasaran 225 cm. Teknik analisis data menggunakan kolmogorov-smirnov test untuk normalitas, uji homogenitas dan ujit untuk pengujian hipotesis, dan sampel berkorelasi pada taraf signifikasi 5%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode latihan drill terhadap peningkatan kemampuan passing bawah. Uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung (3,33) > t tabel (2,080), dan nilai p (0,003) < dari 0,05, sehingga hal tersebut menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan passing bawah setelah diberi perlakuan dengan metode latihan drill. Berdasarkan rata-rata (mean) menunjukkan rerata posttest > pretest. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode latihan drill yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli putri SMP Negeri 4 Gamping Sleman. Peningkatan presentase kemampuan passing bawah sebesar 18,61% dari selisih rerata dibagi rerata pretest dikalikan 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 25 May 2015 00:59
Last Modified: 29 Jan 2019 22:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19288

Actions (login required)

View Item View Item