STRATEGI PROMOSI UNTUK MENARIK MINAT PENGUNJUNG DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Yuni, Wulandari (2015) STRATEGI PROMOSI UNTUK MENARIK MINAT PENGUNJUNG DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YUNI WULANDARI.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan BPAD Provinsi DIY yang berkaitan dengan upaya BPAD meningkatkan angka kunjungan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di BPAD Provinsi DIY pada bulan April 2012. Objek penelitian yaitu tentang strategi promosi dalam menarik minat pengunjung di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DIY. Informan dalam penelitian ini adalah kepala unit layanan perpstakaan, pustakawan dan pengunjung. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Bentuk kegiatan promosi perpustakaan menggunakan (a) komunikasi langsung yaitu kegiatan pameran, perpustakaan keliling, bercerita atau mendongeng, seminar, bazaar buku.(b) Komunikasi tidak langsung meliputi penyebaran brosur, pemasangan iklan, spanduk,leaflet. (c) Komunikasi bermedia yaitu kerjasama dengan media elektronik dan cetak. (2) Proses kegiatan meliputi planning (perencanaan) yang menggunakan beberapa tahap melalui identifikasi masalah, penetapan target sasaran, penyusunan rencana kerja, perencanaan anggaran. Implementing (pelaksanaan) kegiatan meliputi pelaksanaan kegiatan pameran, seminar, bedah buku, bercerita atau mendongeng, perpustakaan keliling. (3) Hambatan utama dari promosi perpustakaan yaitu masalah anggaran selain faktor pustakawan, humas yang tidak ada dan kegiatan yang belum terprogram. (4) Upaya yang telah dilakukan adalah bekerjasama dengan instansi-instansi pemerintah baik pemerintah kota, kabupaten ataupun desa agar kegiatan promosi dapat tepat sasaran dan dapat mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 02:30
Last Modified: 29 Jan 2019 22:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19283

Actions (login required)

View Item View Item