PENGELOLAAN FASILITAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN (PERSEPSI KEPALA SEKOLAH DAN PENGELOLA BARANG)

Tri Budi, Pamungkas (2015) PENGELOLAAN FASILITAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN (PERSEPSI KEPALA SEKOLAH DAN PENGELOLA BARANG). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tri Budi Pamungkas.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pengelolaan sarana pendidikan Sekolah Dasar Negeri (SD N) di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman yang meliputi perencanaan sarana pendidikan, pengadaan sarana pendidikan, penggunaan sarana pendidikan, pemeliharaan sarana pendidikan dan penghapusan sarana pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel yaitu pengelolaan sarana pendidikan. Subjek penelitian ini adalah 9 kepala sekolah dan 9 pengelola barang sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan persentase dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan sarana pendidikan sekolah dasar negeri di kecamatan Kalasan yang meliputi aspek analisis kebutuhan, seleksi/ pemilihan sarana, penyusunan rencana pengadaan memperoleh persentase sebesar 85.07%, (2) pengadaan sarana pendidikan SD N di kecamatan Kalasan yang meliputi aspek prosedur pengadaan barang, pelaksanaan pengadaan barang memperoleh persentase sebesar 85.32%, (3) penggunaan sarana pendidikan SD N di kecamatan Kalasan yang meliputi aspek kelengkapan administrasi, pemanfaatan sarana, dan pengaturan penggunaan sarana memperoleh persentase sebesar 75.15%, (4) pemeliharaan sarana pendidikan SD N di kecamatan Kalasan yang meliputi aspek kelengkapan administrasi, penyimpanan sarana, dan perbaikan sarana memperoleh persentase sebesar 82.78%, (5) penghapusan sarana pendidikan SD N di kecamatan Kalasan yang meliputi aspek inventarisasi sarana yang akan dihapus, pengajuan usulan sarana yang akan dihapus, cara penghapusan memperoleh persentase sebesar 69.44%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, pengelolaan sarana pendidikan SD N di kecamatan Kalasan memperoleh persentase sebesar 79.55%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:12
Last Modified: 29 Jan 2019 22:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19280

Actions (login required)

View Item View Item