ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN KELAS X KEUANGAN SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015

WINDARTI, ELI TRI (2015) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN KELAS X KEUANGAN SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Oleh : 11403244057 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2014/2015 berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan pola sebaran jawaban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan bantuan programAnatesVersi 4.0.9. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XProgram KeahlianKeuangan di SMKNegeri 1 Bantul tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 131 siswa. Objek penelitian ini adalah soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 50 soal pilihan ganda.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi untuk memperoleh data berupa kisikisi soal, soal ujian, kunci jawaban danlembarjawaban siswa. Hasil penelitian dari 50 butir soal pilihan ganda menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan validitas, butir soal yang valid berjumlah 32 butir (64%) dan butir soal yang tidak valid berjumlah18 butir (36%). (2) Berdasarkan reliabilitas, soal tersebut memiliki koefisien reliabilitas yang rendah yaitu sebesar0,68. (3) Berdasarkan tingkat kesukaran, soal yang tergolong sangat sukar berjumlah 3 butir (6%),sukar berjumlah 2 butir (4%),sedang berjumlah 26 butir (52%), mudah berjumlah 9 butir (18%) dansangat mudah berjumlah 10 butir (20%). (4) Berdasarkan daya pembeda, soal yang daya pembedanya Tidak Baik berjumlah 9 butir (18%), Kurang Baikberjumlah 12 butir (24%), cukup berjumlah 12 butir (24%), baik berjumlah 11 butir (22%), dan sangat baik berjumlah 6 butir (12%). (5) Berdasarkan pola sebaran jawaban, 4butir soal (8%) memiliki pengecoh yang berfungsi sangat baik, 16 butir soal (32%) berfungsi baik, 11 butir soal (22%) berfungsi cukup baik, 14 butir soal (28%) berfungsi kurang baik, dan 5 butir soal (10%) berfungsi tidak baik.(6) Analisis secara keseluruhan menunjukkan bahwa soal yang memenuhi unsur validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan pola sebaran jawabanhanya berjumlah 9 butir (18%). Kata Kunci:Analisis ButirSoal, PengantarAkuntansidanKeuangan, SMK Negeri 1 Bantul

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 25 May 2015 00:10
Last Modified: 29 Jan 2019 22:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19272

Actions (login required)

View Item View Item