Setiawan, Ahmad Yani (2013) PERAN GURU SOSIOLOGI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA N 1 SEYEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. 08413244032 Ahmad Yani Setiawan COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
2. 08413244032 Ahmad Yani Setiawan ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
3. 08413244032 Ahmad Yani Setiawan BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
4. 08413244032 Ahmad Yani Setiawan BAB II.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
5. 08413244032 Ahmad Yani Setiawan BAB III.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
6. 08413244032 Ahmad Yani Setiawan BAB IV.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
7. 08413244032 Ahmad Yani Setiawan BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
8. 08413244032 Ahmad Yani Setiawan Lampiran 1.pdf Download (48MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter (Character Building) sekarang ini sedang digalakkan di Indonesia, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti peran guru sosiologi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA N 1 Seyegan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan 1) mengetahui realitas pembelajaran sosiologi di SMA N 1 Seyegan 2) mengetahui peran guru sosiologi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA N 1 Seyegan 3) mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat guru sosiologi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA N 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini meliputi kata-kata dan tindakan, sumber tertulis dan foto/dokumentasi.Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Sampling dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, memperpanjang waktu penelitian, diskusi dengan expert, dan teman. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Pelaksanaan pembelajaran sosiologi di SMA N 1 Seyegan tidak hanya sekedar guru menyampaikan materi kepada siswa, namun juga menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam materi. Guru menggunakan metode, media referensi pembelajaran yang variatif. Karakter yang ditanamkan pada diri siswa melalui pembelajaran sosiologi adalah kreatif, rasa ingin tahu, demokratis, bersahabat, toleransi, peduli sosial, cinta damai dan disiplin. 2) Pendidikan karakter di SMA N 1 Seyegan tidak berdiri sendiri, namun terintegrasi dalam setiap mata pelajaran yang artinya melibatkan guru dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, guru sosiologi mempunyai peran dalam pelaksanaan pendidikan karakter tersebut. Ada lima hal yang dilakukan oleh guru Sosiologi yaitu menyelipkan pesan-pesan moral pada pembelajaran yang dikaitkan dengan materi pembelajaran, mengaitkan materi dengan fenomena sosial yang ada di masyarakat, menerapkan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan rasa empati, dan tanggung jawab, mengajak siswa terjun langsung ke masyarakat dan bekerjasama dengan BK dan orang tua siswa. 3) Hal-hal yang menjadi pendukung terlaksananya pendidikan karakter dengan baik adalah lengkapnya fasilitas sekolah, adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan masyarakat sekitar sekolah dan kemajuan teknologi. Hal-hal yang menjadi penghambat adalah pengaruh negatif dari teman dan perkembangan IPTEK. Kata Kunci: Peran Guru, Pembelajaran Sosiologi, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sosiologi FIS |
Date Deposited: | 22 May 2015 03:52 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19269 |
Actions (login required)
View Item |