PERSEPSI GURU SMK JURUSAN TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK KOTA YOGYAKARTA TERHADAP SERTIFIKASI GURU

Eko Wahyu, Prasetya (2010) PERSEPSI GURU SMK JURUSAN TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK KOTA YOGYAKARTA TERHADAP SERTIFIKASI GURU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi EKO WAHYU PRASETYO_05501241023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

BSTRAK Persepsi Guru SMK Jurusan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik Kota Yogyakarta Terhadap Sertifikasi Guru Oleh: Eko Wahyu Prasetyo NIM. 05501241023 Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui persepsi guru SMK Jurusan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik kota Yogyakarta terhadap sertifikasi guru, (2) mengetahui perbedaan persepsi guru SMK Jurusan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik kota Yogyakarta yang sudah bersertifikasi dengan yang belum bersertifikasi terhadap sertifikasi guru, (3) mengetahui perbedaan persepsi guru SMK negeri Jurusan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik dengan guru SMK swasta Jurusan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik kota Yogyakarta terhadap sertifikasi guru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan penelitian komparatif. Penelitian komparatif yaitu penelitin yang menyelidiki perbandingan. Penelitian ini dilakukan di empat SMK yaitu SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 3 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu sertifikasi guru dan persepsi. Teknik pengambilan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengujian menggunakan Uji-t. Pengujian deskriptif menunjukkan bahwa persepsi guru yang sudah bersertifikasi dalam kategori sangat baik, persepsi guru yang belum bersertifikasi dalam kategori sangat baik, persepsi guru SMK negeri dalam kategori baik dan persepsi guru SMK swasta dalam kategori baik. Pengujian hipotesis pertama antara persepsi guru yang sudah bersertifikasi (X1) dan persepsi guru yang belum bersertifikasi (X2) dengan taraf signifikansi (α=0,05). Berdasarkan hasil perhitungan didapat nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,980, sehingga lebih besar dari 0,05 (0,980 > 0,05), dan t hitung < t tabel (0,025 < 2,04) dengan demikian maka tolak Ha. Kesimpulannya adalah bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi guru yang sudah bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi terhadap sertifikasi guru. Pengujian hipotesis kedua antara guru SMK Negeri (Xn) dan guru SMK Swasta (Xs) dengan taraf signifikansi (α=0,05). Berdasarkan hasil perhitungan didapat nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,812, sehingga lebih besar dari 0,05 (0,812 > 0,05), dan t hitung < t tabel (0,241 < 2,04) dengan demikian maka tolak Ha. Kesimpulannya adalah bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi guru SMK negeri dan guru SMK swasta terhadap sertifikasi guru. Kata kunci: persepsi, sertifikasi guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 22 May 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 22:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19260

Actions (login required)

View Item View Item