Komparasi Keefektifan Pendekatan CTL Setting NHT dan TGT Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Sikap Matematika Siswa SMP Kelas VII dalam Belajar Bangun Datar

Suzana, Andriani (2015) Komparasi Keefektifan Pendekatan CTL Setting NHT dan TGT Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Sikap Matematika Siswa SMP Kelas VII dalam Belajar Bangun Datar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andriani-suzana-13709251003.swf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan CTL setting NHT; 2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan CTL setting TGT; dan 3) membandingkan keefektifan pendekatan CTL setting NHT dan pendekatan CTL setting TGT ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan sikap matematika siswa SMP kelas VII dalam belajar bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent comparison-group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP N 8 Yogyakarta yang terdiri dari sepuluh kelas. Kelas VII 1 dan VII 2 ditentukan sebagai sampel penelitian secara acak. Kelas VII I diberikan perlakuan menggunakan pendekatan CTL setting NHT, sedangkan kelas VII 2 diberikan perlakuan menggunakan pendekatan CTL setting TGT. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes prestasi belajar, tes kemampuan komunikasi, dan angket sikap matematika siswa. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan CTL setting NHT dan CTL setting TGT pada masing-masing variabel, digunakan uji one sample t-test. Selanjutnya, untuk membandingkan keefektifan pendekatan CTL setting NHT dan CTL setting TGT, data dianalisis secara multivariat menggunakan uji . Jika terdapat perbedaan keefektifan, maka dilakukan uji lanjut t-univariat untuk menentukan variabel-variabel tertentu yang berkontribusi terhadap perbedaan secara keseluruhan. Setiap analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan CTL setting NHT efektif ditinjau dari prestasi belajar dan sikap matematika siswa, tetapi tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis; 2) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan CTL setting TGT efektif ditinjau dari prestasi belajar dan sikap matematika siswa, tetapi tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis; 3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran menggunakan pendekatan CTL setting NHT dan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL setting TGT ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, dan sikap matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan CTL setting NHT, pendekatan CTL setting TGT, prestasi belajar, kemampuan komunikasi matematis, sikap matematika siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2015 00:10
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19239

Actions (login required)

View Item View Item