Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Studi Desain Komunikasi Visual Akademi Seni Rupa dan Disain “Modern School of Desain” (ASRD MSD) Yogyakarta

Fatmawati, Soraya (2015) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Studi Desain Komunikasi Visual Akademi Seni Rupa dan Disain “Modern School of Desain” (ASRD MSD) Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-soraya-fatmawati-12707251008.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran terjadi di Program Studi DKV di ASRD MSD Yogyakarta dengan standar atau kriteria yang telah dirumuskan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan yang dikembangkan oleh Malcom Provus. Subjek atau responden adalah Ketua Program Studi, dosen dan mahasiswa MSD Yogyakarta. Langkah-langkah dalam penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu penyusunan desain, penetapan kelengkapan program, tahap proses atau mengumpulkan data dilapangan, pengukuran tujuan atau analisis data dan tahap perbandingan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, penelusuran dokumen dan kuesioner. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan penelusuran dokumen dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis data kuesioner menggunakan analisis statistik deskriptif skala 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada Prodi DKV MSD Yogyakarta belum sesuai dengan Permendikbud No. 49 Tahun 2014. Pada aspek perencanaan pembelajaran, silabus belum sesuai dengan Standar Proses Pembelajaran Permendikbud No. 49 Tahun 2014. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran, terdapat ketidaksesuaian dengan Gagne’s nine events of instruction yaitu pada tahap menyimpulkan atau refleksi pembelajaran. Interaksi antara dosen dan mahasiswa berjalan dengan baik karena dosen dan mahasiswa menggunakan komunikasi personal. Penilaian hasil belajar telah sesuai dengan Standar Penilaian Pembelajaran Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014. Hasil penilaian mahasiswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di DKV MSD berada pada kategori baik dengan nilai 3,20. Sehingga, pelaksanaan pembelajaran pada Program Studi DKV MSD Yogyakarta masih perlu disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Permendikbud No. 49 Tahun 2014 agar pelaksanaan pembelajaran dapat terselenggara dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesenjangan, pelaksanaan pembelajaran, perencanaan pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 May 2015 00:10
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19236

Actions (login required)

View Item View Item