Harjiyono, Priyo (2011) MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM BILANGAN PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR – DASAR TEKNIK DIGITAL. S1 thesis, UNY.
|
Text
priyo harjiyono.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja, menguji kelayakan media pembelajaran sistem bilangan pada standar kompetensi menerapkan dasar – dasar teknik digital dan uji pengguna pada siswa kelas X jurusan Elektronika. Media tersebut dapat digunakan sebagai sarana pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar. Media pembelajaran ini dirancang dan dibuat dengan mengkombinasikan berbagai macam obyek multimedia seperti teks, gambar, animasi dan tombol interaktif. Bahan materi pelajaran yang digunakan dalam media ini adalah teori sistem bilangan dan teori konversi antar bilangan. Untuk mengetahui unjuk kerja media diuji dengan instrument yang berupa daftar checklist tombol dan fungsi yang diharapkan, kesesuaian tombol dengan fungsi akan menunjukkan media berfungsi sesuai tujuannya, sedangkan untuk uji kelayakan dilakukan dengan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Untuk uji pengguna, dilakukan dengan melibatkan siswa kelas X.A dan X.B SMK Muda Patria Kalasan sebagai obyek penelitian, aspek yang diuji adalah aspek desain dan kemudahan penggunaan media. Hasil penelitian ini adalah unjuk kerja, hasil uji kelayakan dan uji pengguna. Hasil unjuk kerja menunjukkan tombol berfungsi sebagai mana mestinya, baik tombol untuk keperluan navigasi maupun tombol yang berfungsi mengeksekusi simulasi. Hasil uji kelayakan media menurut ahli materi ditinjau dari aspek materi diperoleh skor sebesar 80.36 % (kategori sangat layak), ditinjau dari aspek kedalaman materi diperoleh skor 80 % (kategori sangat layak) dan aspek evaluasi sebesar 75% (kategori layak) sehingga total skor adalah 79.55 % (kategori sangat layak). Menurut ahli media pembelajaran maka media pembelajaran ini ditinjau dari aspek desain mendapatkan skor sebesar 67. 69% (kategori layak) ditinjau dari aspek kejelasan informasi 74.50% (kategori layak) sehingga total skor adalah 72.61% (kategori layak). Hasil uji pengguna untuk aspek desain mendapat skor 74.08% (kategori layak), dan kemudahan penggunaan mendapatkan skor 72.38% (kategori layak) sehingga total skor 73.38% (kategori layak). Berdasarkan hal tersebut, maka media pembelajaran dalam penelitian ini layak digunakan sebagai sarana pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar pada standar kompetensi menerapkan dasar – dasar sistem digital pada SMK jurusan elektronika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, sistem bilangan, konversi bilangan |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 22 May 2015 02:09 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |