KECEMASAN SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI SMK MA’ARIF NU 1 SUMPIUH

Faiz, Hidayat (2015) KECEMASAN SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI SMK MA’ARIF NU 1 SUMPIUH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Faiz Hidayat 06501241014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh religiusitas terhadap kecemasan siswa kelas XII Jurusan Teknik Audio Video di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh dalam menghadapi ujian nasional, (2) pengaruh prestasi belajar terhadap kecemasan siswa kelas XII Jurusan Teknik Audio Video di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh dalam menghadapi ujian nasional, (3) pengaruh bimbingan belajar terhadap kecemasan siswa kelas XII Jurusan Teknik Audio Video di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh dalam menghadapi ujian nasional, (4) pengaruh religiusitas, prestasi belajar dan bimbingan belajar terhadap kecemasan siswa kelas XII Jurusan Teknik Audio Video di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh dalam menghadapi ujian nasional. Penelitian ini termasuk penelitian Deskriptif kualitatif. Teknik statistik yang digunakan adalah teknik statistik inferensial parametris. Penelitian ini menggunakan dua macam variabel, 1) Variabel Bebas, yaitu: Religiusitas (X1), Prestasi Belajar (X2), Bimbingan Belajar (X3); 2) Variabel terikat yaitu: Kecemasan Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Audio Video Dalam Menghadapi Ujian Nasional di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh (Y). Teknik pengambilan data menggunakan dua cara, yaitu angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sampel 40 orang dari populasi berjumlah 79 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda dengan tiga prediktor. Pengujian hipotesis dengan tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05, dengan dk = 79 dan uji dilakukan dengan satu sisi, memperoleh hasil sebagai berikut; 1) Terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara X1 terhadap Y, dengan kontribusi 28,62%; 2) Terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara X2 terhadap Y, dengan kontribusi sebesar 10,72%; 3) Terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara X3 terhadap Y, dengan kontribusi 5,3%; 4) dan hasil dari analisis regresi ganda dengan tiga prediktor menunjukan Fhitung lebih besar dari pada Ftabel atau 3,323 > 2,720 berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara X1,X2,X3, terhadap Y. Kata kunci: kecemasan, prestasi belajar, religiusitas, bimbingan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 22 May 2015 02:03
Last Modified: 29 Jan 2019 22:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19216

Actions (login required)

View Item View Item