PERBEDAAN LATIHAN PUKULAN DRIVE DENGAN MENGGUNAKAN NET DAN TANPA MENGGUNAKAN NET TERHADAP KEMAMPUAN WALL VOLLEY DALAM BULUTANGKIS SISWA SMP N 1 PIYUNGAN

Afif Khoirul Hidayat, Afif Khoirul (2011) PERBEDAAN LATIHAN PUKULAN DRIVE DENGAN MENGGUNAKAN NET DAN TANPA MENGGUNAKAN NET TERHADAP KEMAMPUAN WALL VOLLEY DALAM BULUTANGKIS SISWA SMP N 1 PIYUNGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Perbedaan Latihan Pukulan Drive dengan Menggunakan Net dan tanpa Menggunakan Net terhadap Kemampu.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan latihan pukulan drive dengan menggunakan net dan tanpa menggunakan net terhadap kemampuan wall volley dalam bulutangkis siswa SMP N 1 Piyungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen sungguhan (true experimental research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Piyungan kelas VII yang tertarik dan mendaftarkan diri dalam pelatihan bulutangkis yang diadakan peneliti, yang berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dependent dan uji t independent yang sebelumnya data tersebut diuji terlebih dahulu kelayakannya dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, hal itu dilakukan sebagai prasarat dapat atau tidaknya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada peningkatan kemampuan wall volley dalam bulutangkis kelompok siswa yang diberi latihan pukulan drive dengan menggunakan net, hal itu dilihat dari perhitungan uji t dependent, dengan nilai t hitung (6,611) > t tabel (1,761), (2) ada peningkatan kemampuan wall volley dalam bulutangkis kelompok siswa yang diberi latihan pukulan drive tanpa menggunakan net, hal itu dilihat dari perhitungan uji t dependent, dengan nilai t hitung (6,593) > t tabel (1,761), dan (3) tidak adanya perbedaan peningkatan kemampuan wall volley dalam bulutangkis, kelompok siswa yang diberi latihan pukulan drive dengan menggunakan net, dengan kelompok siswa yang diberi latihan pukulan drive tanpa menggunakan net, hal itu dilihat dari perhitungan uji t independent, dengan nilai t hitung (0,235) < t tabel (2,043).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 22 May 2015 01:45
Last Modified: 22 May 2015 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19215

Actions (login required)

View Item View Item