PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2008 DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Erfan Andi, Saputro (2015) PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2008 DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ERFAN ANDI SAPUTRO 10503244037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2008 DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: Erfan Andi Saputro NIM. 10503244037 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah; 1) mengetahui keterlaksanaan penerapan SMM 9001: 2008 di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 2) mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 3) mengetahui kinerja guru di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 4) mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan SMM ISO 9001: 2008 terhadap kinerja guru, 5) mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. 6) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan SMM ISO 9001: 2008 dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 98 orang. Dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% maka didapat jumlah sampel sebanyak 78. Karena sampel tersebut diambil menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling, maka rincian jumlah sampelnya adalah 36 orang guru produktif, 20 orang guru adaptif dan 22 orang guru normatif. Metode pengumpulan data dengan kuesioner atau angket. Uji persayaratan analisis yang digunakan meliputi: uji normalitas data, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Sedangkan dalam analisis data menggunakan persamaan regresi sederhana dan regresi ganda yang dalam operasionalnya menggunakan program SPSS for Windows Release 16.0. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil pada pengujian hipotesis pertama, didapat nilai r sebesar 0,652 yang termasuk dalam kategori kuat. Pada pengujian hipotesis kedua didapat nilai r sebesar 0,298 yang termasuk dalam kategori lemah sedangkan pada pengujian ketiga didapat nilai R 0,653 yang termasuk dalam kategori kuat. Jadi penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 dan kepemimpinan kepala sekolah baik itu sendiri-sendiri maupun bersama-sama sangat erat hubungannnya terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kata kunci: Penerapan SMM ISO 9001: 2008, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 22 May 2015 01:35
Last Modified: 29 Jan 2019 22:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19214

Actions (login required)

View Item View Item