PERBEDAAN IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER DI LINGKUP SEKOLAH DILIHAT DARI SIKAP RELIGIUS DAN KEJUJURAN PESERTA DIDIK SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA DENGAN SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Rakhmawati, Dian (2015) PERBEDAAN IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER DI LINGKUP SEKOLAH DILIHAT DARI SIKAP RELIGIUS DAN KEJUJURAN PESERTA DIDIK SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA DENGAN SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
dian rakmawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi nilai karakter di SMK Negeri dan SMK Muhammadiyah, (2) sikap religius dan kejujuran meliputi moral knowing, moral feeling dan moral action peserta didik, dan (3) perbedaan sikap religius dan kejujuran antara peserta didik SMK Negeri dan SMK Muhammadiyah Yogyakarta Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan metode survey. Sampel diperoleh melalui teknik random sampling dengan mengikuti aturan Isaac dan Michael pada taraf signifikansi 5% dari populasi sejumlah 327 siswa terdiri dari 250 siswa kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta dan 77 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta diperoleh sampel sejumlah 208 siswa yang terdiri dari 146 siswa kelas XI SMK N 7 Yogyakarta, dan 62 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan angket dan wawancara. Hasil pengujian validitas instrumen diperoleh 39 butir soal sah dan reliabilitas diperoleh koefisien sebesar 0,925. Teknik analisis menggunakan deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi nilai karakter di SMK Negeri 7 Yogyakarta diberikan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Implementasi nilai karakter di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta diberikan melalui pengembangan budaya sekolah (Islami), kegiatan pengembangan diri oleh guru Bimbingan Konseling, serta terintegrasi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia. (2) Sikap religius dan kejujuran meliputi moral knowing, moral feeling, dan moral action peserta didik SMK Negeri 7 Yogyakarta dalam kategori sangat baik. Sikap religius dan kejujuran peserta didik SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta meliputi moral knowing dalam kategori baik, moral feeling dalam kategori sangat baik, dan moral action dalam kategori baik. (3) p-value statistik uji t sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 5,673 berarti bahwa terdapat perbedaan sikap religius dan kejujuran yang signifikan antara peserta didik SMK Negeri dengan SMK Muhammadiyah. Sikap religius dan kejujuran peserta didik SMK Negeri (129,69) lebih tinggi dari sikap religius dan kejujuran peserta didik SMK Muhammadiyah (120,58) dengan selisih 9,11.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sikap religius dan kejujuran, moral knowing, moral feeling, moral action
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 22 May 2015 01:33
Last Modified: 29 Jan 2019 22:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19213

Actions (login required)

View Item View Item