PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Ant Willy, Eko Sujatmiko (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ant. Willy Eko S 05503241020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada kurang efektifnya proses belajar mengajar gambar teknik di SMKN3 Yogyakarta.Penggunaan metode ceramah dan kurangnya pengembangan media pembelajaran menyebabkan pemahaman siswa tentang materi gambar teknik menjadi kurang.Diperlukan pengembangan media yang layak sebagai sumber belajar siswa baik secara mandiri maupun di kelas.Hal inilak yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan media pembelajaran gambar teknik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran gambar teknik dan mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development).Tempat penelitian di Jurusan Teknik Mesin, SMKN 3 Yogyakarta.Obyek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran menggunakan Adobe flash pada mata diklat Gambar Teknik.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui angket. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaranmelalui beberapa tahap, yaitu (1) menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan medianya, (2) menentukan materi yang sesuai (3) melakukan penelitian pendahuluan, (4)pengumpulan bahan, (5) ) pembuatan desain software, (6) mengembangkan bentuk produk, (7) validasi oleh ahli media dan ahli materi, (8) analisis, (9) evaluasi kelompok kecil, (10) analisis hasil kelompok kecil, (11) uji coba lapangan, (12) analisis hasl uji coba lapangan. Hasil penilaian terhadap media pembelajaran, oleh ahli materi dinilai “lebih dari baik” digunakan sebagai media pembelajaran dengan memperolehpoin 59 dari skor ideal 70.Menurut ahli media dinilai “baik” denganmemperoleh poin 90 dari skor ideal 115, sedangkan pada uji coba lapangan diperoleh poin 920 dari skor ideal 1120 dengan “hasil lebih dari baik.” Kata kunci : Pengembangan, media, adobe flash

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 22 May 2015 01:08
Last Modified: 29 Jan 2019 22:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19207

Actions (login required)

View Item View Item