MUTU PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA

SHINTA RATNA, CAHYANI (2014) MUTU PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR BUDI MULIA DUA PANDEANSARI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
shinta ratna cahyani_10110241030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mutu proses belajar mengajar berdasarkan 3 prinsip child-friendly school menurut UNICEF yaitu proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa, partisipasi demokratis, dan inklusif di kelas 3 SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan kajian dokumen. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 3. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu hasil penelitian yang diperoleh dari observasi partisipatif dicek dengan wawancara dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu proses belajar mengajar di kelas 3 SD Budi Mulia Dua Pandeansari sudah optimal terlihat dari dilaksanakannya 3 prinsip child-friendly school yaitu: 1) Proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa diwujudkan dengan siswa aktif dalam proses belajar mengajar, penerapan metode belajar yang efektif dan inovatif, memberikan perlindungan dan rasa aman bagi siswa; 2) Proses belajar mengajar partisipasi demokratis diwujudkan dengan melibatkan siswa dalam aktivitas yang mengembangkan kompetensi, membuat keputusan di kelas dan tidak adanya diskriminasi; 3) Proses belajar mengajar yang Inklusif diwujudkan dengan perlakuan dan fasilitas sekolah yang ramah anak, kesetaraan kesempatan, dan menghormati hak anak. Kata kunci: Mutu, Proses belajar mengajar, SD Budi Mulia Dua

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 22 May 2015 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item View Item