IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGARUSUTAMAAN GENDER DI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DINA INTAN LUSITA, PURNAMASARI (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGARUSUTAMAAN GENDER DI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
dina intan lusita_10110244033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pengarusutamaan gender di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Daerah IstimewaYogyakarta, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Dinas dan pegawai. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengarusutamaan gender di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga masih terdapat pemahaman yang bias mengenai gender dan pengarusutamaanya di kalangan para pegawai Dinas, belum seluruh sub bagian dan seksi yang ada di DIKPORA mengintegrasikan pengarusutamaan gender ke dalam setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh DIKPORA. Tim vocal point yang ada belum mempunyai komitmen bersama dan fokus program kegiatan yang yang jelas. Faktor pendukung terlaksananya PUG di DIKPORA adalah kesadaran seluruh pegawai bahwa kesetaraan gender perlu dan dikedepankan, motivasi kerja di kantor, hubungan antar pegawai yang solid dalam melaksankan tugas di kantor, sikap kekeluargaan di kantor ditunjukkan dengan keakraban antar pegawai laki- laki dan perempuan. Faktor penghambat yaitu kapasitas SDM atau faktor personil yang belum sepenuhnya memahami pengarusutamaan gender, dan cara untuk menganalisis setiap bagian kegiatan yang ada sehingga perlu diadakan pelatihan dan workshop mengenai analisis program yang berwawasan gender, kurangnya data yang memperlihatkan disparitas dan kesenjangan gender di lingkungan DIKPORA dikarenakan kurangnya wawasan PUG di kalangan pegawai. Faktor rumusan dari para stakeholder yang kurang berpartisipasi dalam pelaksanaan PUG, faktor sistem juga ikut andil serta dalam implementasi kebijakan karena anggaran setiap sub bagian lebih diutamakan untuk pelaksanaan program dan kegiatan terkait TUPOKSI. Kata kunci : implementasi kebijakan, pengarusutamaan gender, program pendidikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 22 May 2015 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19202

Actions (login required)

View Item View Item