PERSEPSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU SEKOLAH DASAR TENTANG KEBIJAKAN PENGARUSUTAMAAN GENDER DI KECAMATAN JATINOM

KUSNANIK PUJI, LESTARI (2014) PERSEPSI KEPALA SEKOLAH DAN GURU SEKOLAH DASAR TENTANG KEBIJAKAN PENGARUSUTAMAAN GENDER DI KECAMATAN JATINOM. S1 thesis, UNY.

[img] Text
kusnanik puji l_10110244023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi kepala sekolah dan guru tentang kebijakan pengarusutamaan gender di SD se-Kecamatan Jatinom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah kepala sekolah dan guru sekolah dasar se-Kecamatan Jatinom. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional sampling, dengan ukuran sampel sebanyak 90 orang kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan presentase dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) 48% kepala sekolah dan guru mempunyai persepsi netral gender. Kepala sekolah dan guru menginterpretasikan bahwa kebijakan di bidang pendidikan pada umumnya tidak membedakan jenis kelamin. Tidak terdapat perbedaan persepsi antara kepala sekolah dan guru dengan nilai p:0,574 pada taraf signifikansi 5%; 2) Berdasarkan jenis kelamin terdapat perbedaan persepsi antara kepala sekolah dan guru pada taraf signifikansi 5% nilai p:0,04. Kepala sekolah dan guru laki-laki mempunyai persepsi netral gender cenderung bias gender, sedangkan kepala sekolah dan guru perempuan mempunyai persepsi netral gender cenderung sensitif gender; 3) 43% kepala sekolah dan guru pada usia <30 tahun mempunyai persepsi netral gender. 57% kepala sekolah dan guru pada usia 31-40 tahun mempunyai persepsi netral gender. 50% kepala sekolah dan guru pada usia 41-50 tahun mempunyai persepsi netral gender. 43% kepala sekolah dan guru pada usia 51-60 tahun mempunyai persepsi netral gender. Tidak terdapat perbedaan persepsi antara kepala sekolah dan guru berdasarkan usia pada taraf signifikansi 5% nilai p: 0,113. Kata Kunci: persepsi, kebijakan pengarusutamaan gender, kepala sekolah dan guru, jatinom.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 22 May 2015 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19199

Actions (login required)

View Item View Item