ANALISIS KINERJA GURU DI WILAYAH DESA TERTINGGAL: SDN WONOLAGI, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Chrisna Wiskhak, Nugroho (2014) ANALISIS KINERJA GURU DI WILAYAH DESA TERTINGGAL: SDN WONOLAGI, KECAMATAN PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNY.

[img] Text
chrisna wiskhak nugroho_10110244026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru di SDN Wonolagi, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kinerja guru di SDN Wonolagi, Playen, Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di SDN Wonolagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber berdasarkan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dari segi kompetensi pedagogik, profesional, dan sosial guru di SDN Wonolagi sudah mampu mencapai beberapa aspek dengan baik, dilihat dari kemampuan mereka melaksanakan proses pembelajaran sesuai kompetensi dan dapat diterima masyarakat. Komunikasi harmonis yang terjalin antara guru dengan masyarakat Desa Wonolagi berpengaruh baik pada kinerja guru. Namun juga ada beberapa aspek yang masih kurang maksimal dalam melaksanakannya seperti dalam mengolah metode, materi, dan wawasan pembelajaran yang variatif, pengembangan potensi siswa, atau wawasan guru yang masih kurang. (2) Faktor pendukung kinerja guru di SDN Wonolagi adalah dukungan dan harapan masyarakat Desa Wonolagi terhadap pendidikan anak mereka dan etos kerja baik yang dimiliki guru 3) penghambat dari kinerja guru di SDN Wonolagi adalah faktor kelengkapan sarana dan prasarana baik media mengajar dan teknologi, informasi dan komunikasi. Kata kunci: Kinerja guru, desa tertinggal ,etos kerja, kompetensi guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 22 May 2015 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19196

Actions (login required)

View Item View Item