DESKRIPSI KEGIATAN YANG DILAKUKAN GURU SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INTERNASIONAL LUQMAN AL HAKIM BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA DALAM PENGEMBANGAN DIRI DI LUAR TUGAS POKOK MENGAJAR

Sidik, Suripto (2015) DESKRIPSI KEGIATAN YANG DILAKUKAN GURU SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INTERNASIONAL LUQMAN AL HAKIM BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA DALAM PENGEMBANGAN DIRI DI LUAR TUGAS POKOK MENGAJAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SIDIK SURIPTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kegiatan yang dilakukan guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Banguntapan Bantul Yogyakarta dalam pengembangan diri di luar tugas pokok mengajar; dan (2) hambatan dan harapan dalam kegiatan yang dilakukan guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Banguntapan Bantul Yogyakarta dalam pengembangan diri di luar tugas pokok mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Banguntapan Bantul Yogyakarta yang berjumlah 27 guru. Sampel diambil dengan teknik purpossif sampling dengan sampel guru yang menjadi wali kelas yakni sebanyak 20 guru. Instrumen yang digunakan adalah angket terbuka, angket tertutup dengan 5 skala alternatif jawaban, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; (1) kegiatan yang dilakukan guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Al Hakim Banguntapan Bantul Yogyakarta dalam pengembangan diri di luar tugas pokok mengajar berada dalam kategori cukup dengan rata-rata persentase total sebesar 55,74%. (2) Hambatan yang ditemukan yaitu faktor waktu, biaya, fasilitas/sarana prasarana, akses beasiswa studi lanjut, dan motivasi. Harapannya adalah para guru menginginkan adanya program pengembangan, beasiswa studi lanjut S2, alokasi waktu, dukungan dan motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:10
Last Modified: 29 Jan 2019 22:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19156

Actions (login required)

View Item View Item