EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI BUSINESS CENTRE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BANTUL

Sekar Nur, Sarjiyatti (2015) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI BUSINESS CENTRE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SEKAR NUR SARJIYATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konteks pembelajaran kewirausahaan melalui Business Centre di SMK N 1 Bantul; (2) proses pembelajaran kewirausahaan melalui Business Centre di SMK N 1 Bantul; dan (3) hasil pembelajaran kewirausahaan melalui Business Centre di SMK N 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Countenance Evaluation Model. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru kewirausahaan, karyawan Business Centre dan peserta didik SMK N 1 Bantul yang melakukan kegiatan di Business Centre. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Konteks pembelajaran kewirausahaan melalui Business Centre di SMK N 1 Bantul telah mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan melalui Business Centre karena (a) implementasi kebijakan sekolah dalam pengelolaan fasilitas pembelajaran kewirausahaan melalui Business Centre terdiri dari pendelegasian wewenang kepada Koordinator Business Centre, pengaturan jadwal pembelajaran yang membebaskan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran kewirausahaan, dan pemotivasian terhadap peserta didik dilaksanakan setiap awal semester, (b) kerjasama dengan mitra Business centre mampu menjalin hubungan baik dengan pemasok maupun pelanggan, (c) pendanaan Business Centre telah mandiri sehingga mampu membiayai kebutuhannya pembelajaran, (d) pengaturan pembimbingan disesuaikan dengan tugas mengajar guru sehingga memberikan kesempatan pembimbingan dan pemantauan lebih konsisten dan berkesinambungan. (2) Proses pembelajaran kewirausahaan melalui Business Centre di SMK N 1 Bantul secara umum kurang baik karena (a) perencanaan pencapaian hasil pembelajaran tidak didukung dengan perencanaan proses pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran disamaratakan bagi seluruh peserta didik tanpa memperhatikan tingkatan kelas dan kompetensi masing-masing jurusan, dan (c) evaluasi pembelajaran hanya didasarkan nominal omset penjualan. (3) Hasil pembelajaran kewirausahaan melalui Business Centre di SMK N 1 Bantul secara umum kurang baik karena hanya didasarkan pada pencapaian target penjualan sehingga hasil pembelajaran kurang mencerminkan perubahan sikap dan perilaku kewirausahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:09
Last Modified: 29 Jan 2019 22:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19155

Actions (login required)

View Item View Item