PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM PEMBELAJARAN DI SDN GODEAN 1 DAN SDN SEMARANGAN 2 KECAMATAN GODEAN

Ruli Erma, Wati (2015) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM PEMBELAJARAN DI SDN GODEAN 1 DAN SDN SEMARANGAN 2 KECAMATAN GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RULI ERMA WATI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kegiatan yang dilakukan guru dan siswa; (2) faktor penghambat dan pendukung; dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran di SDN Godean 1 dan SDN Semarangan 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penyajian data secara deskriptif. Subjek penelitian adalahpustakawan,guru dan siswa di SDN Godean 1 dan SDN Semarangan 2 yang diambil dengan teknik purposive sample. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pemanfaatan perpustakaan di SDN Godean 1 dan Semarangan 2 dilakukan dengan cara membaca dan meminjam koleksi untuk mengerjakan PR dan tugas, mengisi waktu luang serta menambah wawasan. Penugasan guru seperti pembuatan RPP, pembuatan PTK jarang dilakukan dengan memanfaatkan koleksi di perpustakaan. (2) faktor penghambat di SDN Godean 1:Letak gedung kurang strategis, fasilitas kurang terpenuhi serta lingkungan perpustakaan kurang kondusif.Di SDN Semarangan 2 pelayanan pustakawan kurang baik. Di SDN Godean 1 dan Semarangan 2 jumlah guru yang memotivasi siswa masih kurang, buku paket kurang relevan dengan kurikulum serta kurang jumlah dan jenisnya. Buku cerita dan pengetahuan kurang mutakhir. Faktor pendukungnya:di SDN Godean 1 dan Semarangan 2 masih terdapat beberapa guru yang memotivasi dan memberikan contoh kepada siswanya, keberadaan buku-buku di perpustakaan, dan himbauan kepala sekolah. Di SDN Godean 1 sikap pustakawan ramah. (3) upaya untuk mengatasi hambatan di SDN Godean 1 dilakukan dengan sumbangan buku oleh siswa kelas 6 yang lulus. Di SDN Semarangan 2 dilakukan dengan pengajuan proposal bantuan ke Kabupaten, pemberitahuan buku baru, mendatangkan perpustakaan keliling Kabupaten, pemutaran film edukatif berbahasa asing, penataan ruangan dan fasilitas sebaik mungkin. Di SDN Godean 1 dan Semarangan 2 dilakukandengan pemberian motivasi kepada siswa oleh guru dan pustakawan serta pemberian penugasan oleh guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:08
Last Modified: 29 Jan 2019 22:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19152

Actions (login required)

View Item View Item