IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS CERDAS ISTIMEWA DI SD NEGERI UNGARAN I YOGYAKARTA

Vety Cahya, Wardani (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS CERDAS ISTIMEWA DI SD NEGERI UNGARAN I YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
VETHY CAHYA WARDANI_10110244031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi Program Kelas Cerdas Istimewa di Sekolah Dasar Negeri Ungaran I Yogyakarta; 2) Kendala implementasi program kelas Cerdas Istimewa di SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Seksi Manajemen Sekolah Sub Bagian DIKDAS Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas IA CI. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program kelas CI meliputi tahap perencanaan, kurikulum diferensiasi kelas CI berupa kurikulum akselerasi, proses pembelajaran berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada kurikulum 2013 yang bersifat tematik integratif. Adapun penentu kinerja implementasi; (a) Standar dan Sasaran Kebijakan sesuai dengan 8 SNP dan sasarannya anak usia Sekolah Dasar yang memiliki tingkat IQ minimal 130; (b) Sumber Daya manusia guru CI lulusan S-1 PGSD; (c) Hubungan antar organisasi seperti sekolah dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta selalu berkoordinasi dengan baik; implementasi program kelas CI dalam hal proses pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun dan kemudian melakukan penilaian dalam bentuk lembar observasi pada akhir pembelajaran; (d) Karakteristik Agen Pelaksana yaitu SD Negeri Ungaran I Yogyakarta merespon baik terkait dengan implementasi program kelas CI; (e) Kondisi Sosial berupa interaksi antar peserta didik maupun dengan guru IA CI di dalam kelas terlihat kompetitif; (f) Disposisi implementasi dalam aspek kognisi, pemahaman kepala SD Negeri Ungaran I Yogyakarta yang mengetahui akan detail program CI. Kendala implementasi Program Kelas CI antara lain; (a) Belum adanya anggaran khusus bagi kelas CI; (b) Kesulitan guru dalam mengajar peserta didik yang memiliki rasa ingin tahu yang besar; (c) Peserta didik CI mudah sensitif. Adapun upaya untuk mengatasi kendala di atas; (a) Mengusulkan adanya anggaran khusus bagi kelas CI; (b) Proses pembelajaran di kelas dengan menyesuaikan minat, bakat, dan potensi peserta didik; (c) Guru memberikan materi dengan lebih sabar dan memberikan nasehat kepada peserta didik yang mudah sensitif. Kata Kunci: implementasi kebijakan, program kelas cerdas istimewa, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 22 May 2015 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19142

Actions (login required)

View Item View Item