KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI RECIPROCAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI I PENGASIH KULON PROGO

Indriani, Lia (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI RECIPROCAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI I PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lia Indriani 10203244002.pdf

Download (222MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan strategi reciprocal learning dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Pre- and Posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA N 1 Pengasih Kulon Progo sebanyak 77 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 1 (26 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS II (26 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Validitas instrumen terdiri dari validitas isi dan validitas konstruk. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa sebanyak 37 soal dari 60 soal valid. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,94. Data analisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 4,25 lebih besar dari ttabel 2,00 dengan taraf signifikansi . Hal ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas yang di ajar menggunakan strategi reciprocal learning dan kelas yang di ajar dengan menggunakan metode konvensional. Bobot keefektifannya adalah 8,87%. Nilai rata-rata akhir kelas yang di ajar menggunakan strategi reciprocal learning sebesar 29,65 lebih besar dari kelas yang di ajar dengan menggunakan metode konvensional 27,53. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi reciprocal learning lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: reciprocal learning, membaca, sma negeri 1 pengasih
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 May 2015 02:29
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19123

Actions (login required)

View Item View Item