KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI SQP2RS DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

Kurniawan, Hashfi (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI SQP2RS DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hashfi Kurniawan 10203241037.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan strategi SQP2RS pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan design pre- and post-test control group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, dan diperoleh kelas X 6 sebagai kelas eksperimen ( 33 peserta didik ) dan kelas X 7 sebagai kelas kontrol ( 32 peserta didik ). Jumlah sampel keseluruhan adalah 65 peserta didik. Pengambilan data menggunakan tes kemampuan membaca. Validitas instrumen terdiri atas validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas dihitung dengan rumus Korelasi Product Moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 50 soal sebanyak 42 soal valid dan 8 dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,953. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 4,680 lebih besar dari ttabel 1,998 pada taraf sinifikansi α= 0,05. Bobot keefektifannya adalah 9,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi SQP2RS dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan strategi SQP2RS dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SQP2RS, membaca, sma negeri 7 yogyakarta
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 May 2015 02:22
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item