MARJINALISASI PEREMPUAN DAN DOMINASI LAKI-LAKI TERHADAP PEREMPUAN DALAM DRAMA FAUST IKARYA JOHANN WOLFGANG VON GOETHE: KRITIK SASTRA FEMINIS

Ambon, Gertrudis (2014) MARJINALISASI PEREMPUAN DAN DOMINASI LAKI-LAKI TERHADAP PEREMPUAN DALAM DRAMA FAUST IKARYA JOHANN WOLFGANG VON GOETHE: KRITIK SASTRA FEMINIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gertrudis Ambon 09203244043.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)bentuk-bentuk marjinalisasi perempuan dan (2) bentuk-bentuk dominasi laki-laki terhadap tokoh perempuan dalam drama Faust Ikarya Johann Wolfgang von Goethe. Sumber data penelitian ini adalah drama Faust IkaryaJohannWolfgang von Goethe yang diterbitkan oleh Diogenes Verlagpada tahun 1982. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembacaan dan pencatatan. Instrumen utama penelitian ini adalah penulis sendiri (humaninstrument). Datadianalisis dengan teknikdeskriptifkualitatif dengan memakai teori kritik sastra feminis. Keabsahan datadiperoleh melaluivaliditas semantisdanexpert judgment. Reliabilitasdilakukan denganintrarater dan inter-rater. Hasil penelitian adalah sebagai berikut.(1) Bentuk-bentuk Marjinalisasi perempuan dalam drama Faust Iterdiri dari: marjinalisasi pada tokoh Margarete, marjinalisasi pada tokohFrau Marthe, dan marjinalisasi pada tokohBärbelchen. Marjinalisasi initerjadi dalam lingkup keluarga, lingkup masyarakat, bidang ekonomi, dan bidang agama. (2)Bentuk-bentuk dominasi tokoh laki-laki terhadap tokoh perempuan dalam drama Faust Imeliputi: (a) dominasi tokoh Faust terhadap Margarete;(b)dominasi tokohValentin terhadap Margarete; (c)dominasi tokoh suami terhadap Frau Marthe; dan (d)dominasi tokoh pemuda asing terhadap Bärbelchen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: marjinalisasi perempuan, drama, faust I, sastra feminis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 May 2015 02:19
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item View Item