KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDIOTORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 IMOGIRI BANTUL

Pambada, Fajar Pria (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDIOTORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 IMOGIRI BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fajar Pria Pambada 10203244015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 1 Imogiri Bantul antara yang diajar dengan menggunakan pendekatan Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual (SAVI) dan yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional, (2) keefektifan penggunaan pendekatan SAVI dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Data diperoleh melalui skor keterampilan menulis bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Imogiri Bantul sebanyak 193 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 1 (26 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 (27 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu pendekatan SAVI sebagai variabel bebas, dan keterampilan menulis bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Dari perhitungan didapat nilai rhitung > rtabel 0,388, dengan demikian instrumen dinyatakan valid. Koefisien realibilitas sebesar 0,860. Analisis data menggunakan uji-t. Analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 2,971 lebih besar dari ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang positif dan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bobot keefektifannya adalah 8%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 62,231 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 57,704. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SAVI, menulis, sma negeri 1 imogiri
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 May 2015 02:16
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19118

Actions (login required)

View Item View Item