UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 PENGASIH KULON PROGO MELALUI TEKNIK TIME TOKEN

Findarawati, Dhella (2014) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 PENGASIH KULON PROGO MELALUI TEKNIK TIME TOKEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dhella Findarawati 10203244016.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Pengasih Kulon Progo melalui penggunaan teknik time token. Prosedur tindakan ditentukan bersama secara kolaboratif antara peneliti, guru dan peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X1 SMA N 1 Pengasih Kulon Progo yang terdiri dari 30 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, catatan lapangan, angket, dokumentasi dan tes berbicara bahasa Jerman. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas X1SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo sebesar 12,87%, serta terdapat keberhasilan proses berupa peningkatan keaktifan peserta didik pada pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik sebesar 12,60%. Peserta didik aktif dalam mengajukan pertanyaan, bekerjasama dalam kelompok (diskusi) dan menyampaikan informasi/pendapat atau jawaban.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: berbicara, sma N 1 pengasih, time token
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 May 2015 02:05
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19114

Actions (login required)

View Item View Item