KEEFEKTIFAN TEKNIK STORYBOARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGPUCUNG CILACAP

Prakoso, Mufti (2015) KEEFEKTIFAN TEKNIK STORYBOARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGPUCUNG CILACAP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Keefektifan Teknik Storyboard dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangpucung Cilacap” bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis naskah drama pada siswa yang mengikuti pembelajaran menulis naskah drama menggunakan teknik storyboarddan pembelajaran menulis naskah drama tanpamenggunakan teknik storyboard pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangpucung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik storyboard dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangpucung Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretestt-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan teknik storyboard dan keterampilan menulis naskah drama siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangpucung Cilacap. Sampel penelitian adalah kelas VIIB dan VIIIC. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis naskah drama. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,880 yang lebih besar dari koefisien 0,6. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor posttest menulis naskah drama siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol terdapat 5 siswa yang mendapat skor rendah, 26 siswa mendapat skor sedang, dan 1 siswa mendapat skor tinggi. Pada kelompok eksperimen tidak ada siswa yang mendapat skor rendah, 18 siswa mendapat skor sedang, dan 14 siswa mendapat skor tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis naskah dramakelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung sebesar -7,965 dengan df 31 dan ttabel 2,042 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik storyboard efektif digunakan pada pembelajaran menulis naskah drama karena nilai thitung< -ttabel (-7,965 < -2,042). Berdasarkan hasil tersebut, maka teknik storyboard efektif digunakan pada pembelajaran menulis naskah drama di kelas VIII SMP Negeri 1 Karangpucung Cilacap.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 May 2015 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19108

Actions (login required)

View Item View Item