PENGARUH RETURN ON ASSET, DEBT TO EQUITY RATIO, COLLATERAL ASSET, DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2013)

wati, tika (2015) PENGARUH RETURN ON ASSET, DEBT TO EQUITY RATIO, COLLATERAL ASSET, DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2013). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TikaAyuPuspitawati_11408141039.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Return on Asset, Debt to Equity Ratio, Collateral Asset dan Pertumbuhan Aset terhadap Kebijakan Dividen secara parsial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Selain itu, untuk menguji kelayakan model regresi pengaruh variabel Return on Asset, Debt to Equity Ratio, Collateral Asset dan Pertumbuhan Aset terhadap Kebijakan Dividen secara simultan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 210 perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 29 perusahaan. Data diperoleh dari ICMD dan Pusat Informasi Pasar Modal. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Asset dan Collateral Asset secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Variabel lain dalam penelitian ini yaitu Debt to Equity Ratio dan Pertumbuhan Aset tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen. Secara simultan Return on Asset, Debt to Equity Ratio, Collateral Asset dan Pertumbuhan Aset berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen. Kemampuan prediksi dari keempat variabel terhadap Kebijakan Dividen sebesar 27,1% sebagaimana ditunjukan oleh besarnya adjusted R square sebesar 0,271 sedangkan sisanya 72,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 22 May 2015 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item