MODIFIKASI SUDUT KATUP DAN POROS NOK MOTOR SUPRA X UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA MESIN

Eko, Susanto (2015) MODIFIKASI SUDUT KATUP DAN POROS NOK MOTOR SUPRA X UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA MESIN. D3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
06509134029_EKO SUSANTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

MODIFIKASI SUDUT KATUP DAN POROS NOK MOTOR SUPRA X UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA MESIN Oleh: Eko Susanto 06509134029 ABSTRAK Modifikasi sudut katup dan poros nok pada sepeda motor yang dilakukan dengan mengunakan objek sepeda motor Supra X merupakan salah satu cara meningkatkan performa mesin untuk membantu memberikan performa mesin suatu kendaraan bermotor ketika suatu kendaraan bermotor tersebut mengalami penurunan performa mesin, penurunan performa mesin tentu menjadi suatu problema karena dengan penurunan performa suatu kendaran bermotor maka akan menimbulkan hal yang dirasa merugi bagi masyarakat yang menggunakannya, karena hal itu akan berdampak hasil dari aktifitas yang dilakukan apabila hal tersebut erat hubunganya dengan peran sepeda motor yang ikut serta Proses modifikasi Sudut Katup dan Poros Nok pada Motor Supra X meliputi rancangan, pengukuran tahap awal hal ini dilakukan untuk mengetahui perubahan performa ketika perubahan telah dilakukan seperti perubahan pada titik buka tutup katup pada poros nok dengan tingkat durasi performa mesin dapat meningkat dari durasi awalnya ayitu 210º, perubahan tinggi angkatan katup dengan kisaran dikatakan tinggi yaitu 8mm, perubahan durasi menjadi kisaran 230º-280º. Pengujian setelah dilakukan modifikasi perlu dilakukan untuk menjaga keamanan ketika sudut katup dan Poros Nok telah di modifikasi dengan hasil sesuai yang diinginkan untuk menaikan performa motor, adapun alat yang di gunakan untuk pengujian, pengukuran dan proses pembuatan Sudut Katup dan Poros Nok sebelum dan setelah dimodifikasi antara lain:gerinda, amplas, bor cuner, jangka sorong, busur derajat, dial indikator, dyno test. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan alat uji dyno test pada mesin Supra X yang telah di modifikasi Sudut Katup dan Poros Nok didapat dengan hasil kenaikan daya sebesar 1,5 HP dan kenaikan torsi 1.6 N/m dan dapat di simpulkan dari hasil yang telah di dapat setelah dilakukan pengujian modifikasi Sudut Katup dan Poros Nok dikatagorikan berhasil dengan presentase 25% untuk kanaikan daya, dan 16,9% untuk kenaikan torsi

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 21 May 2015 00:29
Last Modified: 29 Jan 2019 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19084

Actions (login required)

View Item View Item