PENGEMBANGAN TRAINER SISTEM KENDALI POSISI MOTOR DC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOTIKA

Dikka, Pragola (2015) PENGEMBANGAN TRAINER SISTEM KENDALI POSISI MOTOR DC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOTIKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iv.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Dikka Pragola NIM. 09501241031 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja dan tingkat kelayakan media pembelajaran berupa Trainer Sistem Kendali Posisi Motor DC seri VEXTA. Penelitian ini juga untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran Trainer Sistem Kendali Posisi Motor DC seri VEXTA. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (Development research) dengan menggunakan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate (ADDIE). Instrumen penelitian menggunakan instrumen non-tes yaitu angket serta instrumen tes yaitu pretest dan posttest. Uji validitas instrumen non-tes menggunakan uji validitas konstruk dan uji validitas item, sedangkan uji validitas instrumen tes menggunakan uji validitas konstruk dan uji validitas isi. Pengolahan data penelitian menggunakan statistik deskriptif. Tingkat kelayakan Trainer sistem kendali posisi motor DC seri VEXTA sebagai media pembelajaran dinilai berdasarkan beberapa aspek. Berdasar aspek kemanfaatan media dinyatakan sangat layak dengan distribusi frekuensi sebesar 62,5%. Berdasar aspek rekayasa perangkat lunak dan perangkat keras media dinyatakan sangat layak dengan distribusi frekuensi sebesar 50%. Berdasar aspek komunikasi visual media dinyatakan layak dengan distribusi frekuensi 50%. Pengujian menurut aspek relevansi materi, media dinyatakan layak dengan distribusi frekuensi 50%. Berdasar aspek teknis media pembelajaran media dinyatakan layak dengan distribusi frekuensi 50%. Penggunaan Trainer Sistem Kendali Posisi Motor DC mampu meningkatkan persentase kelulusan peserta didik dari 12,5% menjadi 68,75%. Kata kunci: ADDIE, Media Pembelajaran, Trainer Kendali Motor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Elektro FT
Date Deposited: 20 May 2015 06:00
Last Modified: 29 Jan 2019 22:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19071

Actions (login required)

View Item View Item