Implementasi Pembelajaran Permainan Petak Umpet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 1 Imogiri Tahun Ajaran 2013/2014

Sunarsih, Ririn (2014) Implementasi Pembelajaran Permainan Petak Umpet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 1 Imogiri Tahun Ajaran 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full P Sej 10406241019.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal di sekolah salah satunya melalui pengembangan pembelajaran di kelas yang menarik. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian yang bertujuan mengetahui 1) bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa dengan implementasi permainan pembelajaran petak umpet, (2) untuk mengetahui kendala sekaligus kelebihan yang dihadapi pada saat implementasi pembelajaran permainan petak umpet. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknikpengumpulan data yang digunakan yaitu non test yang meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, selain non test juga melalui tes. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Indikator keberhasilan yang dicapai yaitu peningkatan prestasi belajar dengan peningkatan nilai rata-rata ulangan harian siswa yang dapat melampaui batas criteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 72. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran permainan petak umpet dan pembuatan soal dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa. Hal ini dibuktikan dari peningkatan prestasi belajar siswa yang terjadi pada setiap siklusnya. Siklus I dari 51.54 meningkat menjadi 74.35 atau meningkat 22.81%. Siklus II 61.15 menjadi 77.04 atau meningkat 15.89 %. Peningkatan prestasi belajar siswa tertinggi terjadi pada siklus kedua karena pada siklus ini siswa sudah paham dengan langkah pembelajaran permainan petak umpet. Kendala selama implementasi permainan pembelajaran petak umpet yaitu komunikasi yang jelas antara guru dan siswa dan mengkondisikan suasana kelas yang kondusif. Kelebihannya adalah suasana pembelajaran di kelas yang lebih menyenangkan. Kata Kunci: Permainan pembelajaran petak umpet, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 20 May 2015 05:32
Last Modified: 29 Jan 2019 22:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19068

Actions (login required)

View Item View Item