POLA REKRUTMEN CALON ANGGOTA LEGISLATIF: “STUDI KOMPARASI ANTARA PARTAI AMANAT NASIONAL DENGAN PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA TAHUN 2014 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA”

Azni, Besty Anindya Nur (2014) POLA REKRUTMEN CALON ANGGOTA LEGISLATIF: “STUDI KOMPARASI ANTARA PARTAI AMANAT NASIONAL DENGAN PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA TAHUN 2014 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA”. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full PKN 10401241031.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola rekrutmen calon anggota legislatif (caleg) DPRD Provinsi dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Amanat Nasional (PAN) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Disamping itu untuk mengetahui upaya PAN dan partai Gerindra untuk meningkatkan kualitas caleg yang mereka usung, dan kesesuaian pola rekrutmen yang dilakukan partai Gerindra dan PAN dengan demokrasi prosedural. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive, yakni dengan kriteria orang yang terlibat langsung dengan proses rekrutmen partai Gerindra dan PAN. Sebagai subjek penelitian ini yaitu ketua kantor DPD Gerindra DIY, sekretaris Komisi Pemenangan Pemilu Wilayah PAN DIY, anggota Badan Seleksi Partai Gerindra DIY, dan wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN DIY. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dengan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan cross check. Teknik analisis data secara induktif, meliputi reduksi data, kategorisasi, display data dan kesimpulan. Penelitian dilakukan di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada perbedaan pola rekrutmen PAN dan Gerindra tingkat Provinsi DIY antara lain: a) sosialisasi pendaftaran caleg PAN masih tergolong sempit, sedangkan Gerindra sudah tergolong luas, b) seleksi bacaleg PAN menggunakan teknik penilaian melalui paper yang berisi visi misi bacaleg, Gerindra menggunakan penilaian dengan test psikologi, kegerindraan, dan wawancara umum tentang ketugasan dewan, c) posisi caleg perempuan di PAN memiliki prioritas berada di nomor urut satu jika ia didukung oleh perannya sebagai kader partai, jika tidak didukung maka tetap berdasarkan skoring. Pada partai Gerindra, posisi caleg perempuan dan laki-laki sama, semua dinilai murni dari kapabilitas yang mereka miliki, d) PAN hanya merekrut bacaleg kader, sedangkan partai Gerindra merekrut bacaleg kader dan non-kader. 2) upaya PAN dan Gerindra untuk meningkatkan kualitas calegnya adalah dengan kaderisasi untuk anggotanya dan berbagai program terkait pendidikan politik untuk masyarakat luas, 3) Secara umum pola rekrutmen yang dilakukan PAN dan Gerindra sudah sesuai dengan demokrasi prosedural, hanya saja terdapat perbedaan dalam implementasinya. Kata kunci: rekrutmen, caleg, PAN, Gerindra.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 20 May 2015 05:06
Last Modified: 29 Jan 2019 22:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19058

Actions (login required)

View Item View Item